IFBC Banner

Kanker Payudara Bisa Menyerang Pria, Ini Tanda-tandanya

Minggu, 01 November 2020 – 22:03 WIB

Ilustrasi kanker payudara pria

Ilustrasi kanker payudara pria

JAKARTA, REQnews – Siapa bilang kanker payudara hanya menyerang perempuan saja? Itu tidak benar, karena pria pun bisa terserang penyakit ganas mematikan tersebut.

Beberapa penelitian menunjukkan, kanker payudara lebih sering terjadi pada pria berusia 60 hingga 70 tahun. Namun, tak menutup kemungkinan, pria berusia muda juga terserang.

Fakta yang mengerikan dari masalah ini adalah, belum diketahui apa sebab utama terjadinya kanker payudara pada pria. Bahkan, disebut lebih berbahaya dibanding apa yang dialami perempuan. Untuk itu, mengenal tanda-tandanya sejak dini adalah upaya pencegahan yang paling dianjurkan.

Tanda Utama

Tanda paling utama terjadinya kanker payudara pada pria adalah munculnya benjolan yang tak terasa nyeri. Kemudian, perubahan warna kulit menjadi kemerahan dan bersisik di sekitar payudara, diikuti keluarnya cairan dari puting yang menyerupai pendarahan.

Tipe Kanker Payudara Pria

Tipe kanker yang paling sering menyerang pria adalah kanker duktus atau ductal carcinoma. Duktus adalah saluran yang membawa air susu ke puting payudara.

Pendeteksian

Cara untuk mendeteksi apakah seorang pria terserang kanker payudara, serupa dengan yang dilakukan pada perempuan. Petugas medis akan memeriksa kelainan pada jaringan payudara dengan alat penunjang seperti USG, mammogram, atau biopsy.

Pengobatan

Meski belum ditemukan obat paling manjur untuk memberantas kanker, namun upaya penyembuhan bisa dilakukan dengan pembedahan, kemoterapi, radiasi, dan terapi hormon.

 

Bila kamu mengalami tanda-tanda utamanya, sebaiknya segera periksakan ke dokter.