IFBC Banner

Kuy Dicek, Ini 4 Tanda Utama Jantung Anda Sehat

Selasa, 03 November 2020 – 09:30 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Jantung adalah anggota tubuh yang paling vital di antara organ lainnya. Sehingga, memastikan jantung tetap sehat adalah hal paling wajib bagi setiap orang.

Nah, ada beberapa tanda yang perlu Anda perhatikan dan pastikan, untuk mengetahui kondisi jantung, apakah baik-baik saja atau memiliki masalah.

Tanda-tanda tersebut, empat di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Denyut per Menit

Coba ukur berapa kali per menit jantung Anda berdenyut. Angka paling baik menurut para pakar adalah 72 denyut per menit. Jika denyut berkisar di angka 70 hingga 82 per menit, ini masih dianggap sehat. Namun, bila di luar dari kisaran angka tersebut, waspadalah.

2. Tubuh Fit

Ketika tubuh tidak mudah lelah dan selalu terasa penuh energi, hal ini adalah tanda utama jantung yang sehat. Energi pada tubuh Anda tentunya didukung oleh lancarnya peredaran darah yang dipompa jantung ke seluruh tubuh.

3. Pernapasan Lancar

Untuk mengetahui lancar atau tidaknya pernapasan Anda, cobalah melakukan aktivitas fisik seperti berlari atau menaiki anak tangga. Jika Anda mudah lelah disertai kesulitan mengatur pernafasan, mungkin saja ada masalah pada jantung.

4. Berat Badan Ideal

Salah satu ukuran jantung yang sehat adalah berat badan normal, ideal, yang tidak mengalami obesitas. Selama ini, obesitas kerap memicu banyak komplikasi, termasuk penyempitan pembuluh darah berujung stroke atau sakit jantung. (Ryan Virgiawan)