IFBC Banner

Catat, Ini Tips agar Otak Tetap Encer di Usia Senja

Kamis, 05 November 2020 – 06:01 WIB

Ilustrasi (foto: istimewa)

Ilustrasi (foto: istimewa)

JAKARTA, REQnews – Sudah lazimnya, fungsi organ tubuh menurun saat usia memasuki masa-masa tua, termasuk otak. Namun, bukan berarti, penurunan kemampuan berpikir tidak bisa dicegah.

Ada beberapa cara agar otak Anda tetap encer di usia senja. Ini tips bukan hanya untuk orang tua, melainkan juga anak muda, agar di masa depan saat berusia lanjut, tidak mengalami penurunan fungsi otak.

Berikut, tips ampuh supaya kemampuan otak tetap terjaga saat memasuki usia menua.

1. Tidur yang Cukup

Saat tubuh melemah, jangan dipaksakan. Tetaplah menjaga istirahat yang cukup, karena hal itu berpengaruh besar pada kemampuan otak. Tidur antara tujuh sampai delapan jam akan memasok energi, membangun kekebalan tubuh dan mengurangi penumpukan protein abnormal di otak yang dalam medis dikenal dengan istilah Beta-amyloid Plaque.

2. Aktif Kegiatan Sosial

Perbanyak bergaul meski sudah menua. Dengan banyak aktivitas sosial, Anda sudah mencegah otak kehilangan memori.

3. Olahraga Teratur

Dengan memperbanyak olahraga, Anda bukan hanya menjaga keremajaan organ tubuh, namun membuatnya tetap berfungsi normal. Terutama otak, olahraga dapat membantu terhindar dari pikun dan penyakit alzheimer.

4. Menikmati Musik

Penelitian menunjukkan musik mengurangi tingkat stres, kecemasan dan berbagai masalah otak, bahkan menurunkan tekanan darah tidak normal. Musik pun berefek pada peningkatan mood, kualitas tidur dan kewaspadaan mental.