Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!
Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!

Begini Cara Negosiasi Biaya Pengacara

Sabtu, 02 Februari 2019 – 17:06 WIB

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA, REQnews - Ketika Anda mempertimbangkan untuk menyewa seorang pengacara, biaya pengacara harus menjadi bagian dari proses pengambilan keputusan.

Ketika Anda bertemu dengan seorang pengacara, Anda harus mendiskusikan biaya pengacara dan bersiap untuk menegosiasikan ketentuan struktur biaya. Apakah pengacara tersebut biayanya tarif tetap atau per jam. Biasanya masih bisa menegosiasikan untuk mengurangi biayanya dan menghemat uang Anda sendiri.

Namun, beberapa pengacara mungkin tidak mau mengurangi biaya mereka. Sementara pengacara yang berkualitas mungkin mengenakan biaya lebih banyak untuk layanan mereka, mereka sering kali memberi Anda penyelesaian yang lebih baik.

Berikut ini yang harus Anda lakukan ketika negosiasi biaya pengacara, seperti dilansir wikihow.com.

1. Menegosiasikan Biaya Tetap dan Layanan Setiap Jam. Pahami perbedaan antara biaya tetap dan tarif per jam. Ada dua cara membayar tagihan jasa pengacara untuk jenis kasus tertentu yaitu biaya tetap atau tarif per jam.

Secara umum, biaya tetap dibebankan untuk pekerjaan hukum rutin, seperti menyusun surat wasiat sederhana. Pengacara pidana juga dapat mengenakan biaya tetap untuk kasus-kasus rutin.

Dengan tarif per jam, seorang pengacara menagih Anda untuk setiap jam atau sebagian dari satu jam mengerjakan kasus ini. Pengacara yang menangani kasus perceraian mungkin mengenakan tarif per jam.

Saat pengacara mengemukakan biaya tetap yang diiklankan, Anda harus mengetahui bahwa biaya tetap yang diiklankan mungkin tidak mencakup semua biaya yang terkait dengan kasus ini.

Tarif per jam dapat bervariasi berdasarkan lokasi Anda, tingkat kesulitan kasus Anda, atau apakah Anda memilih praktisi seorang diri atau firma hukum besar.

2. Bandingkan tarif biaya tetap. Ketika memilih seorang pengacara untuk mewakili Anda dalam kasus hukum rutin dengan biaya tetap, penting Anda menghubungi pengacara lain di daerah tersebut dan mengidentifikasi tarif yang mereka kenakan untuk pekerjaan hukum yang sama.

Dengan mengidentifikasi kisaran biaya yang dapat diterima untuk layanan hukum, Anda berada dalam posisi yang lebih baik untuk menegosiasikan pengurangan biaya dari seorang pengacara yang mengenakan biaya lebih dari kompetitornya.

3. Temui pengacara dan diskusikan biaya. Bagi banyak pengacara, Anda tidak akan mengetahui struktur biaya perjamnya sampai Anda bertemu dengan mereka untuk membahas kasus Anda. Sebagai bagian dari wawancara awal Anda dengan pengacara, ketika Anda mendiskusikan biaya dan penagihan, pertimbangkan untuk menanyakan berikut ini:

a. Berapa biayanya untuk menangani kasus seperti milik saya?

b. Apa faktor yang dapat membuat biaya lebih atau kurang?

c. Apakah Anda dapat menjabarkan anggaran biaya hukum selama 6 bulan pertama saat Anda menangani kasus saya?

d. Bagaimana Anda menagih penelitian hukum?

c. Apakah Anda dapat menjelaskan biaya dalam kasus ini kepada saya dan memberi tahu saya bagaimana mereka (pengacara) mendapat manfaat dari kasus saya?

d. Apakah pengacara akan mengambil properti sebagai pengganti uang tunai?

e. Banyak pengacara bersedia menerima properti (mis. Karya seni atau bahkan rumah) alih-alih uang tunai. Jika Anda kekurangan uang tetapi memiliki properti berharga, Anda mungkin menawarkan properti sebagai pembayaran

4. Tanyakan apa yang termasuk dalam tarif per jam. Untuk sebagian besar kasus, pengacara utama hanya akan menangani aspek-aspek tertentu dari kasus tersebut. Misalnya, seorang pengacara tidak boleh membuat fotokopi. Anda harus bertanya kepada pengacara siapa lagi yang akan menangani kasus Anda dan berapa tarif setiap orang.

Tanyakan kepada pengacara Anda apakah waktu ditagih berbeda untuk pekerjaan percobaan versus persiapan. Beberapa pengacara mengenakan tarif per jam yang lebih tinggi untuk penampilan di pengadilan. Penting untuk sepenuhnya membahas kisaran biaya yang mungkin dikenakan oleh pengacara untuk menangani kasus Anda.

Mintalah pengacara untuk mengidentifikasi jenis pekerjaan yang biasanya ditangani oleh orang-orang di kantor selain dari pengacara tersebut. Tanyakan kepada pengacara berapa banyak pengalaman yang mereka miliki dalam menangani kasus Anda. Sementara seorang pengacara yang lebih berpengalaman mungkin mengenakan tarif lebih tinggi per jam, ia mungkin dapat menyimpulkan kasus Anda lebih cepat.

Mintalah agar Anda yang memberikan biaya dimuka. Pasalnya, seringkali, pengacara akan mengenakan tarif lebih tinggi jika menggunakan uang mereka terlebih dahulu untuk membayar biaya pengadilan dan ahli. Jika Anda bersedia membayar sendiri biaya ini, Anda mungkin dapat menegosiasikan biaya per jam yang lebih kecil.

5. Tanyakan bagaimana Anda dapat membantu pengacara. Anda juga dapat mengurangi biaya kasus Anda dengan sepenuhnya jujur dengan pengacara Anda tentang semua fakta dalam kasus Anda. Ini membantu pengacara mempersiapkan kasus Anda dengan lebih baik dan tidak membuang waktu menanggapi masalah yang tidak disadarinya.

6. Negosiasikan pengaturan pemotongan biaya. Bergantung pada kasus atau kebutuhan Anda akan layanan hukum, Anda mungkin dapat menegosiasikan sejumlah perjanjian biaya penghematan biaya. Misalnya, Anda dapat menegosiasikan interval waktu penagihan pengacara, menetapkan bahwa aspek-aspek tertentu dari kasus ditangani dengan biaya tetap daripada tarif per jam, dan Anda dapat membatasi jumlah jam yang dapat digunakan pengacara untuk menangani kasus Anda.

7. Tinjau perjanjian Anda dengan cermat. Setelah Anda dan pengacara Anda menyetujui struktur biaya, semua informasi akan dimuat dalam perjanjian. Dokumen ini bertindak sebagai kontrak untuk pembayaran dan layanan antara Anda dan pengacara Anda. Sebelum Anda menandatangani perjanjian, pertimbangkan hal berikut:

a. Apakah itu berisi semua perjanjian terkait biaya yang Anda buat selama negosiasi Anda?

b. Apakah ini menyatakan seberapa sering Anda ditagih?

c.Apakah ini menyatakan adakah pengacara lain yang akan mengerjakan kasus Anda dan berapa tarif yang akan dikenakan?