Bosen di Rumah Gitu-gitu Aja? Nih 5 Tips Anti Mainstream WFH 2021

Minggu, 10 Januari 2021 – 22:32 WIB

Ilustrasi Work From Home (Foto: Istimewa)

Ilustrasi Work From Home (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews- Pembatasan kegiatan masyarakat di Jawa-Bali akan berlangsung dari 11 hingga 25 Januari 2021. Kebijakan semacam pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ini membatasi sejumlah kegiatan dari, beribadah, bersekolah, berwisata sampai bekerja.

Beberapa perusahaan besar, termasuk yang memiliki kantor di Jakarta, harus melaksanakan proses Work From Home demi menekan angka penularan virus Covid-19.

Walaupun terdengar menyenangkan, WFH bisa menyajikan tantangan tersendiri lho. Selain kamu mungkin akan sulit untuk fokus bekerja apalagi kalau kamu tinggal bersama keluarga, kamu mungkin juga bisa bete banget seharian di rumah.

Lalu gimana sih cara biar kamu bisa work from home dengan efektif? Yuk simak cara jitu berikut ini.

1. WFH (Work From Heart)

Sebelum kamu memulai work from home, penting banget untuk menghapus anggapan bahwa kamu lagi libur. Ini dia pentingnya kamu menanamkan dalam diri kamu bekerja dari hati.

Percaya atau tidak, mengatur mindset bahwa kamu tetap akan bekerja dari hati dan menyelesaikan semua tugas kamu walau di rumah, sangat penting untuk meningkatkan fokus kamu. Kalau dari awal mindset kamu udah salah, kamu bisa aja malah males-malesan selama work from home jadinya tidak work from heart deh.

2. Manfaatkan Waktu

Work from home mungkin momen yang tepat untuk mencoba bekerja dengan ke-fleksibelan yang ada. Namun, akan lebih baik kalau kamu memanfaatkan waktumu dengan produktif di atas meja kerja, dan memposisikan kamu layaknya di kantor.

Kalau kamu sudah berkeluarga apalagi punya anak, kamu mungkin juga perlu ruang kerja sendiri. Ruangan sendiri ini juga akan membantu kamu fokus tanpa terdistraksi hal lain.

3.  Bersiap

Beberapa dari kamu mungkin berpikir work from home artinya tak perlu pakai mandi atau ganti baju segala sebelum buka laptop.

Eits, tapi yakin gak, kamu akan tetap merasa lagi bekerja kalau dalam kondisi kayak gitu? Agar kamu tetap mendapatkan vibe bekerja walau di rumah, kamu juga tetap perlu mempersiapkan diri layaknya akan bekerja lho.

Mandi, pakai deodoran, dan pakai pakaian yang rapi. Tak harus seragam kerja atau kemeja rapi layaknya karyawan kantoran sih. At least pakaian yang nyaman dipakai tetapi bukan tipe pakaian yang kamu gunakan untuk tidur atau bersantai di rumah 

Misalnya aja, kaos yang biasa kamu gunakan untuk jalan ke luar rumah dan celana jeans. Persiapan kayak gini akan membantu kamu memperkuat mindset kamu kalau kamu akan bekerja walau hanya di rumah!

4. Ingat Istirahat

Jangan karena kamu terlalu produktif sampai lupa untuk beristirahat. Ingat, kamu juga tetap perlu bergerak dan menghirup udara segar. Tinggalkan laptop sejenak, lima menit saja cukup lalu kamu bisa stretching di teras atau balkon, sambil menghirup udara luar ruangan. Bagaimanapun, kamu tetap perlu banyak bergerak agar kamu tetap sehat walau work from home.

5. Tutup Laptop

Biar kamu  tidak  bosan atau frustrasi karena duduk di depan laptop terus, tutup laptop kamu saat istirahat dan makan atau habiskan waktumu di tempat atau ruangan lain. Misalnya di ruang tamu atau malah merebahkan diri di kasur! Mumpung lagi work from home, kenapa gak tidur siang pas istirahat kerja? Hehehe.