Gabut? Ini 5 Rekomendasi Film Hukum yang Wajib Kalian Tonton

Rabu, 13 Januari 2021 – 19:01 WIB

Ilustrasi (Foto:Istimewa)

Ilustrasi (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Saat gabut melanda mungkin menonton film menjadi alternatif yang dapat dilakukan. Apalagi ditengah kebijakan pemerintah yang sedang menerapkan PSSB. 5 Film Hukum ini wajib banget ditonton terutama buat kalian anak hukum atau yang suka banget sama hal-hal yang berbau hukum. Yuk dijadikan list!

1. 12 Angry Men

Film satu ini menempati peringkat pertama menurut penulis yang wajib kalian nonton. Mungkin kangen dengan suasa televisi jaman dulu. Film ini pas banget nih. Film klasik yang memiliki grafis hitam putih bakal bikin kamu bernostalgia sama jaman dulu. Film ini dirilis tahun 1957. Bertema di sebuah ruang pengadilan film berdurasi lebih kurang 2 jam ini akan menyuguhkan hal berbeda. Film sederhana namun bermakna rasanya julukan yang tepat untuk film ini. Film ini menceritakan tentang 12 juri / hakim yang akan menentukan nasib hidup/ matinya seorang remaja yang diduga melakukan pembunuhan. Untuk memutuskan remaja tersebut akan di eksekusi matinya tentunya 12 juri harus sepakat terlebih dahulu. Tapi ada hal menarik. Hanya ada satu (1) juri (juri nomor 8) yang tidak setuju jika pemuda tersebut bersalah dan melakukan pembunuhan. Perdebatan yang alot mewarnai ruang persidangan. Penasaran kan pasti akhir dari perdebatan dari 12 juri dan nasib remaja yang diduga melakukan pembunuhan.

2. To Kill a Mockingbird

Film kedua yang wajib ditonton adalah To Kill a Mockingbird. Film ini diadaptasi dari novel To Kill a Mockingbird (1960). Menceritakan tentang perjuangan seorang pengacara Amerika berkulit putih bernama Atticus Finch yang membela kliennya berkulit hitam Amerika yang didakwa memperkosa. Selama persidangan Atticus banyak mendapat penolakan dan pengecaman. Apalagi saat itu isu rasisme sedang mencuat. Namun, hal itu tidak membuat Atticus gentar untuk menegakkan kebenaran. Dia percaya kliennya tidak bersalah. Film ini akan memberikan kita perspektif tentang keadilan, kesetaraan dan kewajiban sipil. Keadilan itu bukan tentang siapa yang berkulit hitam atau berkulit putih. Film ini banyak memberi pesan moral. Tidak berlebihan jika film ini dinobatkan menjadi film terbaik.

3. Legally Blonde

Film hukum satu ini akan memotivasi siapapun yang sedang berjuang menjadi sarjana hukum atau sedang berhadapan dengan hukum. Film ini akan mengisahkan perjalanan Elle Woods yang diperankan Reese Witherspoon. Sebagai anak yang terlahir dari keluarga kaya raya tentu akan memberikan pressure tersendiri bagi Elle Woods. Elle Woods berusaha melawan stigma terhadap gadis pirang. Masyarakat Amerika Serikat mengganggap gadis pirang kerap diidentikkan dengan gadis yang hanya menjual tampang tanpa memiliki akal yang cerdas. Pembuktian menjadi suatu keharusan bagi Elle Woods. Bukan hanya kaya, Elle Woods dikisahkan sebagai wanita yang pintar, cantik dan mempunyai pacar yang tampan.

Melalui film ini, kamu akan melihat perjuangan Elle Woods sampai menjadi sukses. Film ini juga membawa pesan feminisme yang kuat disampaikan dengan gaya yang cerdas dan mudah dipahami.

4. The Judge

Film ini menceritakan tentang seorang pengacara besar, sukses dan terkenal yang diperankan oleh Robert Downey Jr sebagai Hank Palmer. Sebagai seorang pengacara Hank hanya perduli dengan klien-klien nya yang kaya raya . Dia tidak terlalu memperdulikan hukum alih-alih menegakkan kedilan. Namun semua berubah ketika ayahnya dituduh melakukan pembunuhan. Ayah Hank adalah seorang hakim yang disegani dan terpandang. Namun sayangnya hubungannya dengan sang ayah tidak terlalu baik. Terlihat Henk dilema dan memikul tanggung-jawab besar untuk membuktikan bahwa ayahnya tidak bersalah.  

Bukan hanya menceritakan hukum, film ini juga sarat akan permasalahan keluarga. Film ini mengeksplorasi hukum dan memperlihatkan pengacara tersebut dapat menemukan kebenaran dan membantu ayahnya. Film ini wajib ditonton karena membantu menunjukkan realitas hukum.

5. You Don’t Know Jack

Film ini menceritakan tentang seorang dokter yang memperjuangkan legalisasi euthanasia dan membuka praktik kedokteran yang membantu orang untuk mati. Menarik untuk ditonton bukan? Kita akan melihat perjuangan Jack di jalur hukum. Pelayanan medis atau kejahatan? Dua hal tersebut yang akan selalu terlintas dibenak kita selama menonton film. Hal menarik lain, selama berpraktek Jack sangat keterbatasan dalam hal sarana dan prasarana. Sepanjang film kita tidak akan dipengaruhi soal benar atau tidak, illegal atau legal euthanasia. Film ini sekedar memperlihatkan kepada kita tentang keyakinan Jack yang begitu kuat tentang euthanasia.

Jadi tunggu apalagi, yuk cepetan ditonton!