Kendaraan Tertimpa Pohon Tumbang, Ini Langkah Hukum yang Bisa Kalian Lakukan

Selasa, 02 Maret 2021 – 09:00 WIB

Kendaraan Tertimpa Pohon Tumbang ( Foto: Istimewa)

Kendaraan Tertimpa Pohon Tumbang ( Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews – Pernah gak sih saat kamu sedang parkir di ruang terbuka hijau, tiba-tiba kendaraanmu tertimpa pohon tumbang. Apakah dalam musibah ini kamu bisa meminta ganti rugi?

Sebelumnya menjawab itu semua, ada baiknya kalian ketahui dulu apa itu ruang terbuka hijau. Berdasarkan Pasal 29 Undang-undang nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang dijelaskan bahwa ruang terbuka hijau terdiri dari ruang terbuka hijau publik dan ruang terbuka hijau privat.

Adapun ruang terbuka hijau privat, adalah RTH milik institusi tertentu atau orang perseorangan yang pemanfaatannya untuk kalangan terbatas antara lain berupa kebun atau halaman rumah/gedung milik masyarakat/swasta yang ditanami tumbuhan

Sedangkan ruang terbuka hijau publik adalah RTH yang dimiliki dan dikelola oleh pemerintah daerah kota/kabupaten yang digunakan untuk kepentingan masyarakat secara umum. Contoh RTH Publik adalah taman kota, hutan kota, sabuk hijau (green belt), RTH di sekitar sungai, pemakaman, dan rel kereta api.

Kendaraan Tertimpa Di Ruang Terbuka Hijau Publik 

Ternyata pemilik kendaraan dapat mengajukan ganti rugi dengan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Adapun persyaratannya sebagai berikut:

1.       Potret kendaraan kamu yang tertimpa pohon tumbang untuk sebagai bukti;

2.       Laporkan kejadian ke kantor polisi terdekat dan minta surat keterangan;

3.       Hitung kerugian yang diderita;

4.       Datangi Kantor Dinas Kehutanan dengan menyertakan fotokopi KTP, STNK, BPKB, dan surat pernyataan yang bermaterai.

Lalu, pihak Dinas Kehutanan akan memverifikasi dan melakukan pengecekan data terhadap laporan kamu.

Sebelumnya, akan dilihat terlebih dahulu aturan teknis mengenai ruang terbuka hijau yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 05/PRT/M/2008 tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan. 

Di dalamnya terdapat penjelasan terkait kriteria tanaman hingga pemeliharaan tanaman.

Jika pemerintah setempat terbukti lalai dalam menjalankan kewajiban yang tertuang dalam Permen diatas, maka tuntutan kamu dapat dipenuhi.

Misalnya, pohon yang tumbang memang ditanam oleh pemerintah untuk tujuan penghijauan di sebelah kanan kiri jalan maupun di area parkir tertentu.

Kendaraan Tertimpa Di Ruang Terbuka Hijau Privat

Jika pohon yang menimpa kendaraan kamu ada di lahan milik perseorangan, maka pemilik lahan tersebut bisa dituntut untuk memberikan ganti rugi.

Trus, kalau pemilik lahan menolak memberikan ganti rugi apa yang harus dilakukan?

Sebagaimana Pasal 1365 KUHPer maka pemilik kendaraan dapat mengajukan gugatan.

“Tiap perbuatan yang melanggar hukum dan membawa kerugian kepada orang lain, mewajibkan orang orang karena salahnya mengakibatkan kerugian itu, menggantikan kerugian tersebut.”

So, sudah paham khan angkah yang harus dilakukan jika kendaraan tertimpa pohon yang tumbang?

 Semoga bermanfaat ya!