Konsumsi Makanan Berikut Agar Rambut Tak Rontok

Rabu, 10 Maret 2021 – 10:32 WIB

gambar ilustrasi

gambar ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Kerontokan memang menjadi permasalahan yang umum dialami banyak orang. Disebutkan juga bahwa setiap orang rata-rata kehilangan 100 helai rambut per harinya.

Jika perawatan rambut tidak terlalu banyak membantu, Anda bisa beralih ke cara yang lebih mudah dan alami. Beberapa makanan jika dikonsumsi secara rutin ternyata dapat membantu menjaga kesehatan rambut kepala.

1. Kacang
Kacang kenari dan kacang almond kaya akan nutrisi khususnya biotin, vitamin B, asam lemak omega 3 dan 6, protein dan magnesium. Semua nutrisi ini dapat membantu menguatkan kutikula atau permukaan terluar rambut serta menutrisi kulit kepala. Menambahkan kacang-kacangan ini ke dalam menu diet Anda akan membantu mempercepat pertumbuhan dan mengurangi kerontokan rambut.

2. Quinoa
Dipertimbangkan sebagai protein lengkap, quinoa mengandung sembilan asam amino esensial yang berkontribusi menguatkan dan menyehatkan rambut. Makanan yang tergolong superfood ini dapat membantu menutrisi rambut maupun kulit kepala dari dalam. Selain itu, kandungan vitamin E dari quinoa bisa membantu meminimalisir kerontokan rambut.

3. Telur dan Produk Rurunan Susu
Telur dan susu adalah dua makanan tinggi protein yang bisa membantu mempercepat pertumbuhan dan ketebalan rambut. Yoghurt, susu dan telur kaya akan nutrisi penting seperti vitamin B12, asam lemak onega 6, zat besi dan zinc. Rutin memasukkan makanan ini ke dalam menu diet akan membantu memerangi permasalahan rambut rontok.

4. Bayam
Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang sangat kaya nutrisi, mulai dari Vitamin K, A, C, B6, B1, E, magnesium, zinc, zat besi, hingga asam lemak omega 3. Bayam juga tinggi kandungan antioksidan yang bisa melindungi ramvut dari kerusakan serta membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala. Sedangkan vitamin B dan C mendorong pertumbuhan rambut.

5. Stroberi
Manfaat terbesar dari mengonsumsi buah stroberi yaitu mencegah penipisan rambut serta alopecia atau kebotakan. Asam ellagic yang terdapat pada stroberi membantu menguatkan akar rambut. Stroberi juga kaya akan asam folat, vitamin B6 dan B5 yang dapat membantu pencegahan rambut rontok.