Kronologi Iptu EJ, Iptu MS dan Ipda AP Berbuat 'Dosa' Jelang Buka Puasa, Kapolri Pasti Murka

Sabtu, 01 Mei 2021 – 09:30 WIB

Ilustrasi Polri (Foto: Istimewa)

Ilustrasi Polri (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Penangkapan perwira polisi Polrestabes Surabaya bikin heboh masyarkat. Pasalnya, mereka mencoreng institusi Polri lantaran mengonsumsi narkoba di Hotel Midtown, Surabaya. 

Dalam penangkapan yang dilakukan oleh Pengamanan Lingkungan di Internal (Paminal) Polri, sebuah koper berisi senjata api juga ikut disita. Mereka juga menangkap tiga warga sipil dalam kasus ini. 

"Kami membenarkan adanya penindakan yang dilakukan oleh Divpropam Polri bersama Bidpropam Polda Jatim. Total ada 8 orang yang diamankan, terdiri dari 5 oknum personel Satreskoba Polrestabes Surabaya dan 3 warga sipil," ujar Kapolrestabes Surabaya Kombes Jhonny Eddizon Isir kepada wartawan di Polrestabes Surabaya, Jumat 30 April 2021.

Isir mengatakan 8 orang tersebut diamankan di Hotel Midtown pada Kamis 29 April sekitar pukul 15.05 WIB. Mereka adalah Iptu EJ, Iptu MS, Ipda AP, Brigadir S, dan Brigadir PS. Warga sipil yang ikut inisialnya CC, D, IS," kata Isir.

Penangkapan itu dikabarkan dilakukan oleh Pengamanan Internal, Div Propam Mabes Polri yang dipimpin oleh satu perwira tinggi berpangkat Brigjen Pol dan tiga perwira menengan berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi. .

"Infonya awal penangkapan di hotel. Jadi rencana mau melepas tersangka. Setelah sepakat mereka melakukan pesta narkoba bersama dan digrebek," ujar salah satu sumber internal.

Dalam penangkapan tersebut turut diamankan sejumlah barang bukti. Dari 8 orang tersebut, kata Isir, ditemukan barang bukti sabu kurang lebih sekitar 27,4 gram, 8 butir pil happy five dan 1 butir pil ekstasi.

"Dari hasil tes urine 8 orang yang diamankan, khususnya 5 oknum anggota Polrestabes Surabaya 4 positif. Yang 1 masih perlu untuk didalami," kata Isir.

Kasus ini, kata Isir, sedang ditangani bersama Bidpropam Polda Jatim dari sisi dugaan pelanggaran kode etik profesi. Kemudian dikaji dari sisi dugaan pelanggaran tindak pidana narkotika.

"Ada barang bukti sabu yang kedapatan pada anggota. Dalam hal ini sedang dilakukan pendalaman lebih lanjut oleh Bidpropam Polda Jatim. Kami tidak mentolerir terhadap oknum-oknum Polri yang melakukan penyalahgunaan narkoba," ujar Isir.