Matcha Enak Sih, tapi Efek Sampingnya Wajib Diwaspadai

Sabtu, 08 Mei 2021 – 18:01 WIB

Matcha

Matcha

JAKARTA, REQnews - Apakah kamu termasuk penggemar matcha? Ya, minuman yang satu ini benar-benar enak dan memberi dampak kesehatan pada tubuh.

Namun, sebagaimana minuman lainnya, jika dikonsumsi berlebihan, matcha juga akan membawa efek samping yang sepatutnya kalian waspadai ya.

 Penulis 'Matcha, A Lifestyle Guide' Anna Kavaliunas mengatakan, minuman yang satu ini mengandung 140 kali lebih banyak antioksidan spesifik yang dikenal sebagai EGCG dibandingkan teh hijau biasa.

Sehingga, meminumnya sepanjang hari tentu akan tidak baik dan menimbulkan efek samping tertentu.

Sebenarnya, senyawa spesifik EGCG dapat menghambat pertumbuhan tumor kanker, bahkan memperbaiki DNA yang rusak. Meski begitu, satu hingga dua cangkir matcha sudah cukup bermanfaat, tidak perlu berlebihan.

"Jika berlebihan, Anda bisa menjadi gelisah atau sakit kepala, terutama jika Anda sudah minum secangkir kopi hari itu," kata Kavaliunas, seperti dikutip pada Sabtu 8 Mei 2021.

Ia menjelaskan, bahwa Matcha mengandung rata-rata sekitar 64 miligram kafein per delapan ons cangkir, jumlah yang jauh lebih besar dibandingkan teh hijau biasa.

Matcha adalah bubuk yang terbuat dari daun teh hijau yang ditumbuk halus dan disiapkan dalam dua cara yang berbeda. Teh krim juga mengandung banyak manfaat kesehatan, dengan penelitian menunjukkan bahwa teh ini mendukung kesehatan otak dan jantung. 

Dalam konteks yang sama, satu cangkir kopi mengandung 95 hingga 200 miligram kafein, jadi jika orang biasanya merasa gelisah setelah mengonsumsi satu cangkir kopi, maka efek itu akan lebih terasa dari dua cangkir matcha.

Namun, matcha memang mengandung asam amino L-theanine, yang dapat membantu menciptakan efek menenangkan dengan memungkinkan tubuh menyerap kafein lebih lambat dibandingkan setelah minum espresso.