Tips Bos BRI agar Gak Kena Jebakan Batman Biaya Admin ATM Link

Rabu, 26 Mei 2021 – 15:29 WIB

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Direktur Utama Bank BRI, Sunarso memberikan tips agar para nasabah bank-bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) tidak dikenakan biaya saat melakukan berbagai transaksi perbankan.

Karena, per 1 Juni 2021 pengecekan saldo dan penarikan tunai di ATM Link akan dikenakan biaya untuk transaksi antar bank anggota Himbara.

"Apabila nasabah ingin mengecek saldo dan tidak dikenakan biaya, ada dua caranya. Kalau kartu ATM-nya debit BRI, ya dicek saja di ATM BRI," ujar Sunarso dalam keterangan persnya dikutip pada Rabu 26 Mei 2021.

Menurutnya, agar tak dikenakan biaya saat menggunakan ATM Link, nasabah BRI misalnya harus mengecek dulu logo pada mesin ATM tersebut. Apabila terdapat logo BRI, maka penggunaan ATM BRI di mesin itu akan membebaskan nasabah tersebut dari biaya pengecekan saldo maupun tarik tunai.

"Bisa enggak cek di ATM Link? Ya bisa, karena ATM link itu kan masih tetap ada. Namun apakah ATM Link itu punya BRI atau punya bank yang lain, jadi diintip dulu gitu loh," katanya. 

Sunarso pun mengaku telah menggelar rapat dengan para anggota Himbara lainnya, untuk mengakomodir hal tersebut. Termasuk keputusan soal menampilkan logo bank pemilik mesin ATM, di tiap layar mesin ATM Link yang beroperasi.

"Sehingga orang tahu bahwa sebenarnya ini ATM milik BRI, yang bisa dipakai bersama oleh Himbara. Itu supaya orang tidak kecele dan tidak kena biaya 2.500 itu. Jadi kalau screen-nya BRI, kartu debit-nya kartu BRI, maka ketika dicolok di situ untuk mengecek saldo ya tetap gratis," kata dia. 

Kebijakan lainnya yaitu mendorong para nasabah agar tidak perlu pergi ke ATM. Cukup menggunakan mobile banking saja untuk segala jenis layanan transaksi perbankan yang gratis.

Menurutnya, mekanisme tersebut lebih memanjakan para nasabah, jika dibandingkan dengan ATM yang lain. Karena, biaya yang dikenakan di ATM Link jauh lebih murah jika mengetahui caranya. 

"Colok lah kartu ATM itu di mesin yang sama (sesuai logo). Kalau kartu ATM-nya BRI, ya colok lah di ATM BRI. Begitu pun jika kartu ATM-nya adalah kartu dari bank Himbara lain," ujar Sunarso.