Temukan Tanda-tanda Ini di Gas 3 Kg Anda? Awas Bisa Meledak dan Nyawa Melayang

Jumat, 04 Juni 2021 – 13:56 WIB

Tabung gas LPG (Foto: Hastina/REQnews)

Tabung gas LPG (Foto: Hastina/REQnews)

JAKARTA, REQnews - Tabung gas 3 kg memang khusus digunakan dalam setiap rumah tangga untuk warga menengah ke bawah. Namun, praktik nakal oknum penyalahgunaan gas bersubsidi tersebut marak dan sudah menjadi ladang bisnis.

Tak heran, jika banyak kejadian kebakaran akibat ledakan tabung gas, bahkan hingga menelan korban jiwa. Apalagi jika memiliki tabung gas dengan ciri-ciri seperti ini, wajib jadi perhatian ya!

Banyak beredar video yang menyebut bahwa tabung gas LPG 3 kg dengan segel merah adalah barang palsu. VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman pun menanggapinya, ia mengatakan bahwa tabung gas LPG 3 kg memang berisi zat cair.

"Namanya LPG, itu kan liquified memang itu isinya air. Jadi nantinya air akan berubah menjadi gas ketika ada tekanan tertentu," ujar Fajriyah saat dihubungi wartawan pada Selasa 17 September 2019 lalu.

Namun, ia menepis anggapan bahwa tabung gas yang segelnya berwarna merah adalah palsu. Menurutnya segel yang berwarna biru dan merah, secara umum terbagi menjadi dua jenis, yakni seal cap dan plastic wrap.

"Seal cap digunakan menutup valve tabung LPG yang sudah diisi di mana warnanya sesuai dengan stasiun pengisian di wilayah tertentu. Plastic wrap merupakan plastik yang menutupi sealcap sebagai identitas agen untuk mendistribusikan tabung LPG 3 kg," katanya.

Fajriyah mengimbau masyarakat untuk mengecek tabung saat melakukan pembelian. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membeli tabung LPG, yakni berat tabung dan isi sesuai ketentuan, dilengkapi dengan seal yang dalam kondisi baik, dan membeli melalui jalur resmi seperti, SPBU, agen, dan pangkalan resmi.

Untuk mengecek apakah tabung LPG mengalami kebocoran atau tidak, bisa dengan mencelupkan badan tabung ke air. "Bila tidak ada gelembung yang muncul, maka pertanda tidak ada kebocoran," kata dia.

Kemudian, ciri-ciri disfungsi tabung LPG secara umum seperti tercium bau LPG menyengat, terdapat bunga es pada titik kebocoran di tabung LPG, terdengar bunyi mendesis pada regulator, dan muncul gelembung udara dari titik kebocoran jika diusap dengan air sabun.