Tips Isolasi Mandiri di Rumah untuk Pasien Covid-19 Jika RS Penuh

Selasa, 15 Juni 2021 – 21:01 WIB

gambar ilustrasi

gambar ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Angka kasus positif Covid-19 di Indonesia terus menanjak yang berdampak pada penuhnya keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan.

Nah, agar tetap bisa merawat diri ketika terpapar virus asal China tersebut, isolasi mandiri untuk pasien Covid-19 menjadi salah satu opsi yang bisa dilakukan.

Spesialis paru dari Rumah Sakit Premier Bintaro, Astri Indah Prameswari, membagikan tips kepada para pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah. Jika merasakan gejala-gejala seperti Covid-19, berikut tips isolasi mandiri di rumah yang dapat dilakukan oleh pasien.

Siapkan Oksimeter yang fungsinya untuk mengukur saturasi oksigen di dalam tubuh, sehingga Anda harus waspada bila saturasi oksigen di dalam tubuh berada di bawah 95, terutama bagi yang tidak memiliki riwayat sakit paru-paru.

Kemudian cairan pembilas hidung, yang fungsinya membantu membersihkan dan melancarkan saluran pernapasan. Lakukan pembilasan hidung tiga kali sehari.

Siapkan juga obat kumur antiseptik. Berkumur tiga kali sehari menggunakan obat kumur antiseptik berguna untuk membersihkan virus yang ada di rongga mulut dan tenggorokan.

Lakukan latihan pernapasan secara berkala. Hal ini dapat dilakukan menggunakan alat bantu, seperti sedotan dan gelas berisi air yang diberi cairan antiseptik. Caranya, tarik dan buang napas melalui sedotan secara perlahan sampai udara di dalam paru-paru habis. Dengan membuang napas panjang, hal itu akan membantu untuk mengeluarkan udara kotor dari paru-paru.

Lakukan tidur tengkurap sesering mungkin dengan menggunakan bantal yang menopang bagian dada dan wajah. Dalam keadaan tengkurap, pertukaran oksigen dalam paru menjadi lebih lancar.

Yang terakhir, siapkan obat dan vitamin, seperti vitamin C, B3, dan seng sesuai anjuran dokter. Bila kondisi tubuh semakin parah, segera periksakan diri ke rumah sakit. Walaupun sudah sembuh dari Covid-19, masih ada kemungkinan akan terinfeksi kembali apabila tidak dapat menjaga diri. Jaga kesehatan dan jalani pola hidup sehat.