4 Rahasia Para Jaksa Jaga Berat Badan Usai Lebaran

Rabu, 12 Juni 2019 – 12:30 WIB

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews- Santapan lebaran gak akan jauh-jauh dari makanan serba lemak dan santan ga gaes. Sebut saja, gulai, rendang, dan opor ayam. Belum lagi tambah dengan menu minuman yang serba manis, duh, kebayangkan berapa banyak kalori yang masuk ke tubuh.

Tapi jangan khawatir, REQTips kali ini akan kasih tau kalian rahasia para Jaksa menjaga berat badan selama minggu Lebaran ini. Hasilnya, saat masuk kerja atau beraktivitas kembali pasca lebaran, tubuh Anda gak jadi makin lebar.

1. Makan Secukupnya

Walaupun pasca Lebaran, bukan berarti Anda bisa sangat bebas untuk makan apa saja yang Anda inginkan. Sebaiknya tetap perhatikan frekuensi dan porsi makan Anda, jangan terlalu berlebihan. Anda mungkin bisa memakai piring kecil untuk membatasi porsi makan Anda. Perhatikan juga jenis makanan yang Anda makan. Saat Lebaran, Anda cenderung lebih banyak mengonsumsi makanan berlemak dibandingkan makanan berserat. Sebaiknya, pasca Lebaran ini pilih jenis makanan yang Anda makan. Jangan lupa untuk banyak makan sayur dan buah di hari Lebaran, karena serat yang terkandung di dalamnya dapat mencegah Anda dari kenaikan berat badan.

2. Jangan lapar mata

Lebaran jadi momen untuk berkumpul dengan keluarga. Anggota penghuni rumah yang makin membuat persediaan makanan juga musti banyak. Belum jika kegiatan berlanjut dengan silaturahmi ke rumah saudara-saudara yang lain. Siapa yang tak lapar mata saat disuguhi makanan yang jarang ditemui kecuali saat Lebaran. Tapi jangan lapar mata ya, Anda harus tetap memilih jenis makanan yang Anda makan. Makanlah makanan yang tidak terlalu berkalori.

3. Konsumsi sayur dan buah

Cobalah untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah saat minggu Lebaran sehingga kebutuhan serat terpenuhi. Konsumsi serat bisa membantu tubuh merasa cepat kenyang sehingga mencegah Anda makan berlebih. Selain itu konsumsi serat juga bisa memperlancar pencernaan dan mencegah konstipasi atau sembelit.

4. Olahraga

Untuk menurunkan dan menjaga berat badan setelah Lebaran, Anda membutuhkan aktivitas fisik yang tinggi kecuali Anda menyesuaikan diet Anda dan mengurangi kalori yang Anda makan dan minum. Olahraga dengan intensitas tinggi yang dapat mengontrol berat badan setelah Lebaran yaitu jogging atau lari, berenang, sepak bola, dan yoga.

Namun, jika Anda hanya ingin mempertahankan atau menjaga berat badan Anda tetap stabil setelah lebaran, Anda bisa melakukan latihan hingga 150 menit dengan intensitas sedang, 75 menit dengan intensitas tinggi. (RAN)