Ingin Turunkan Lemak dan Kuatkan Jantung? Tak perlu Repot, Tengok Manfaat Bumbu Dapur Ini

Jumat, 23 Juli 2021 – 14:02 WIB

Dokumen istimewa

Dokumen istimewa

JAKARTA, REQnews - Menurunkan atau bahkan membuang lemak di badan, tentu menjadi harapan banyak orang. Termasuk juga menguatkan jantung, pasti diinginkan semua orang.

Ternyata untukdapat mewujudkan itu semua tidaklah sulit. Sebab, hanya dengan bermodalkan bahan-bahan yang murah dan mudah di dapat, Anda dapat memnurunkan lemak dan membuat jantung lebih kuat.

Jahe dan lada, tak cuma menjadi bumbu dapur untuk menyedapkan masakan. Rempah-rempah ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jahe diketahui, memiliki fungsi mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada pasien rematik dan sakit punggung.

Selain itu, jahe juga dapat digunakan untuk menghangatkan badan, memperlancar pengeluaran keringat, menambah nafsu makan dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Sedangkan lada memiliki manfaat untuk mengobati kembung, tekanan darah tinggi, dan sesak napas. Lada juga dapat memperlancar pengeluaran keringat dan memperkuat lambung.

Terkait manfaat jahe dan lada, pendakwah dokter Zaidul Akbar pun membagikan resep minuman dari bahan jahe dan lada.

Dalam akun instagramnya, dijelaskan oleh dr. Zaidul Akbar memaparkan sejumlah manfaat dari minuman berbahan dasar jahe dan lada.

Beberapa manfaat yang dapat dirasakan antara lain dapat menghangatkan tubuh, membuang lendir di pernafasan, menghangatkan perut, membuang angin dingin, melancarkan bab, meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, manfaat lainnya adalah sebagai booster asi, melegakan saluran nafas, membantu menurunkan lemak tak baik di tubuh, meringankan nyeri di tulang, membantu menurunkan asam urat, dan menguatkan jantung.

Berikut ini resep minuman berbahan dasar jahe dan lada:

Bahan-bahan:
- Jahe emprit 2 ruas telunjuk dewasa
- selembar daun pandan dipotong halus
- sejumput lada putih

Cara membuat
1. Siapkan air panas 300ml
2. Geprek jahe lalu masukkan pandan dan lada ke dalam air panas 300 ml.
3. Tutup hingga larut sempurna dan wangi
4. Bisa tambahkan madu agar tidak terasa pedas dari lada.