Ingin Berkunjung ke Pos Lintas Batas Negara Indonesa-Timor Leste? Ini Caranya

Sabtu, 24 Juli 2021 – 20:30 WIB

Pagar Perbatasan Republic Democrtatic Timor Leste-Republic Of Indonesia kini (Foto: Istimewa)

Pagar Perbatasan Republic Democrtatic Timor Leste-Republic Of Indonesia kini (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Dari kalian adakah yang penasaran melihat penampakan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) atau pintu perbatasan antara Indonesia dengan Timor Leste? Jangan khawatir, ternyata gampang dan ga ribet. Yuk disimak!

Eits, tapi sebelumnya wajib tahu dulu. PLBN merupakan singkatan dari Pos Lintas Batas Negara, pos terakhir yang berbatasan langsung dengan negara lain. Sedangkan Motaain adalah nama dari PLBN yang ada di Nusa Tenggara Timur.

Total ada 3 perbatasan RI dengan Timor Leste di NTT ini. Yang pertama adalah PLBN Motaain di Kabupaten Belu, lalu ada PLBN Motamasin di Kabupaten Malaka dan yang terakhir PLBN Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara. Dari ketiganya, PLBN Motaain-lah yang paling ramai dikunjungi. 

Ingin Melewati Perbatasan PLBN Motaain, Perhatikan Dulu Hal Berikut:

1. Untuk kalian yang ingin masuk ke wilayah perbatasan dengan tanpa menggunakan Paspor, jam kunjungan hanya dibuka pukul 15:00 – 16:00 WITA. Di luar jam tersebut, pengunjung tanpa paspor tidak diizinkan masuk. Untuk kalian yang ingin masuk ke wilayah perbatasan dengan menggunakan paspor, gerbang dibuka mulai dari pukul 08:00 – 16:00 WITA. Namun jangan masuk ketika jam makan siang 12:00 – 13:00 WITA karena kemungkinan gerbang ditutup.

2. Gerbang perbatasan buka setiap hari, mulai jam 08:00 – 16:00 WITA.

3. Meskipun menggunakan Dollar sebagai mata uangnya, di wilayah pos perbatasan Batugade ini, kita tetap bisa menggunakan mata uang rupiah untuk berbelanja seperti yang sudah pernah saya lakukan.

4. Sebagai info tambahan, waktu di wilayah Bobonaro, lokasi pos Perbatasan Batugade, lebih cepat 2 jam (GMT +9) bila dibandingkan Indonesia. Hal tersebut yang membuat perbatasan Indonesia ditutup pukul 16:00 WITA.

Cara menuju ke PLBN Motaain

Ada berbagai cara untuk bisa menuju PLBN Motaain, namun saya akan coba berikan yang saya tahu:

1. Bila kalian berangkat dari Alor seperti yang saya lakukan, kalian bisa menyeberang menuju Belu dengan menggunakan Kapal Feri dari Pelabuhan Kalabahi. Lama perjalanan kurang lebih 7 jam. Sesampainya di Pelabuhan Teluk Gurita, Belu, kalian bisa menggunakan angkutan umum tuyul (Mobil bak terbuka yang disulap menjadi angkutan umum) menuju ke Atambua. Baru dari sana menyewa kendaraan untuk pergi ke PLBN Motaain.

2. Bila dari Kupang, ada 2 cara. Yang pertama adalah dengan menggunakan travel ke Belu dari Bandara El Tari. Lama perjalanan kurang lebih 6 jam. Setibanya di Belu, cara yang sama seperti nomor 1 bisa kalian lakukan yaitu menyewa mobil. Cara yang kedua, dengan menggunakan pesawat menuju Belu. harganya cukup murah (sekitar Rp 300-500 ribu) dan waktu tempuh ke Belu hanya 30 menit (untuk jadwal pesawat kalian bia periksa sendiri di web). Setibanya di bandara, kalian bisa melanjutkannya dengan menyewa kendaraan.

3. Bila ingin langsung menuju Timor Leste (Dili), kalian juga bisa menggunakan travel yang tersedia di Kupang. Tapi jangan lupa bawa paspor ya

 

Penulis:Risno Pakur