Cara Deteksi Spyware Yahudi Pegassus yang Sadap Ponsel Presiden, Gampang dan Mudah

Selasa, 27 Juli 2021 – 13:50 WIB

Ilustrasi spyware pegasus (Foto: Istimewa)

Ilustrasi spyware pegasus (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Beredar informasi sejumlah kepala negara, aktivis, politisi hingga jurnalis menjadi target spyware Pegasus buatan perusahaan Israel, NSO Group. Menurut laporan Amnesty International dan Citizen Lab, total ada 50.000 nomor ponsel yang menjadi sasaran potensial perangkat pengintai Pegasus.

Pengamat keamanan siber yang juga kepala Lembaga Riset Siber CISSRec, Pratama Persadha menyarankan agar presiden Jokowi dan pejabat penting negara tidak lagi menggunakan WhatsApp sebagai media telekomunikasi. Karena aplikasi perpesanan instan itu dianggap menjadi pintu masuk Spyware Pegasus yang paling mudah.

"Bila menilik malware Pegasus, cukup dengan panggilan WhatsApp, ponsel penerima sudah terinfeksi, bahkan tanpa harus menerima panggilannya. Dengan metode yang sama dan mengirimkan file lewat WhatsApp, juga bisa menyebabkan peretasan," ujar Pratama dalam keterangannya dikutip di Jakarta, pada Selasa 27 Juli 2021.

Lalu bagaimana cara mendeteksi ponsel yang terkena spyware tersebut? Amnesty Internasional membagikan caranya dengan merilis Mobile Verification Toolkit atau MVT.

Cara kerja program tersebut berdasarkan perintah, sehingga butuh sejumlah keterampilan teknis saat menjalankannya. Sistem tersebut juga hanya bisa berfungsi untuk perangkat iOS buatan Apple.

Sekadar diketahui, MVT adalah alat modular yang menyederhanakan proses analisis data, khususnya untuk identifikasi potensi jejak mata-mata. Dalam menjalankannya, pengguna harus menggunakan command line agar keterampilan menjadi meningkat.

Bagi perangkat iPhone, pengguna harus memutuskan terlebih dulu akan melakukan jailbreak atau tidak. Laporan Tech Crunch mengatakan alatnya bekerja dengan aplikasi MacOS Terminal serta dapat mencadangan iPhone pada Mac.

Kemudian, harus menginstal libusb dan Python 3 menggunakan homebrew, ini tersedia di laman Github. Lalu proses akan dimulai dan memindai file cadangan yang dimiliki.

Pada proses pemindaian akan terjadi selama satu atau dua menit dan akan ada folder dengan sejumlah file. Jika terdapat Spyware, file bisa terlihat jelas.