Kaki Bau Neraka saat Lepas Sepatu? Begini Cara Hilangkannya

Rabu, 11 Agustus 2021 – 19:00 WIB

Ilustrasi bau kaki

Ilustrasi bau kaki

JAKARTA, REQnews - Buat kalian yang sehari-hari menggunakan sepatu dalam waktu berjam-jam, sepertinya pernah mengalami masalah bau kaki tak sedap ya? 

Bayangkan, kalau kalian membuka sepatu ketika di keramaian, lalu aroma tak sedap itu menyebar kemana-mana, orang-orang pasti bakal pusing tak tahan dengan baunya. Jadi, harap sadar diri ya.

Untuk diketahui, bau kaki disebabkan oleh keringat atau kelembapan yang mengalami fermentasi akibat kombinasi bakteri, jamur bahkan infeksi. Apakah masalah ini bisa diatasi?

Mengutip Livestrong, ada sejumlah cara ampuh untuk menuntaskan masalah bau kaki tak sedap ini. Berikut ulasannya.

 

1. Pastikan Kaki Kering

Setelah mandi, banyak yang lupa mengeringkan kaki. Lalu, buru-buru memakai sepatu, dan hal inilah yang menambah kelembapan hingga menimbulkan bau kaki. 

Maka dari itu, penting untuk memastikan kaki benar-benar kering, lalu gunakan kaus kaki dan sepatu yang bersih.

2. Bedak dan Antiperspiran

Jika masalah bau kaki ini membandel, kamu bisa menggunakan bedak atau antiperspiran untuk menjaga kaki tidak bau setelah memakai sepatu seharian.

3. Semprot Disenfektan atau Sanitizer

Selain itu, bisa juga menggunakan cairan disenfektan atau sanitizer, yang disemprotkan ke bagian dalam sepatu, agar tidak menjadi saran tumbuhnya bakteri maupun jamur. Jadi, kaki tetap terjaga kesehatannya.

4. Teh Hitam

Gunakan kantung teh hitam sebagai upaya pencegahan bau kaki. Caranya, dua kantung teh dicelupkan pada air dingin, yang akan dipakai untuk merendam kaki selama 10 menit. Lakukan pada malam hari, dan rasakan manfaatnya.