Pakai Masker Berjam-jam Rentan Jerawatan, Begini Cara Mencegahnya

Jumat, 13 Agustus 2021 – 02:02 WIB

Masker membuat kulit wajah rentan berjerawat

Masker membuat kulit wajah rentan berjerawat

JAKARTA, REQnews - 

Pada masa pandemi Covid-19 ini, tentu kita harus selalu menggunakan masker sepanjang hari selama beraktivitas untuk mencegah penularan virus.

Namun, memakai masker selama berjam-jam, akan membuat kulit wajah rentan muncul jerawat mengganggu. 

Mengutip Refinery29, Kamis 12 Agustus 2021, pakar kulit dari NYC, Joshua Zeichner mengatakan, selain mencegah virus, masker melindungi kulit dari paparan panas, namun menciptakan kelembapan dan membuat napas terperangkap.

"Hal ini bisa berujung menumpukkan keringat dan minyak di kulit di bawah masker, yang bisa berujung pada peradangan, ruam, dan bahkan munculnya jerawat," kata Zeichner.

Untuk itu, ia membagikan tips agar pemakaian masker dalam waktu lama tidak menyebabkan munculnya jerawat. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Cuci Wajah Sebelum dan Sesudah Memakai Masker

Zeichner menyarankan agar sebelum mengenakan masker untuk beraktivitas, cuci bersih wajah agar tak ada bakteri atau kuman yang menempel. Begitu juga sesudah memakai masker. Lakukan secara rutin setiap hari.

2. Pakai Pelembap Ringan

Kemudian, selain mencuci wajah, gunakan pelembap yang ringan, untuk melindungi paparan panas berlebih dari matahari agar terhindar dari iritasi penyebab jerawat.

3. Memilih Bahan Masker yang Tepat

Pemilihan bahan masker juga menjadi kunci utama wajah bebas jerawat. Zeichner menyarankan, memilih masker berbahan kain katun yang nyaman dan mudah untuk bernapas.

"Katun merupakan kain yang bisa membantu bernapas dan kemungkinan tidak menyebabkan iritasi pada kulit," ujar dia.