Sebelum Melakukan Kegiatan Perkebunan, Ketahui Hal Ini Dulu

Minggu, 12 September 2021 – 18:06 WIB

 Perkebunan merupakan segala kegiatan pengelolaan sumber daya alam, sumber daya manusia, sarana produksi, alat dan mesin, budi daya, panen, pengelolaan dan pemasaran terkait tanaman perkebunan (Foto: Istimewa)

Perkebunan merupakan segala kegiatan pengelolaan sumber daya alam, sumber daya manusia, sarana produksi, alat dan mesin, budi daya, panen, pengelolaan dan pemasaran terkait tanaman perkebunan (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews – Perkebunan merupakan segala kegiatan pengelolaan sumber daya alam, sumber daya manusia, sarana produksi, alat dan mesin, budi daya, panen, pengelolaan dan pemasaran terkait tanaman perkebunan, yaitu  tanaman semusim maupun tanaman tahunan yang jenis dan tujuan pengelolaannya untuk usaha perkebunan.

 

Indonesia dikenal dengan tanahnya yang subur, sehingga memiliki kekayaan dan kesuburan baik tumbuhan maupun hayati. Banyak pengusaha yang menguasai lahan untuk kemudian dikelola sebagai salah satu pendapatannya, namun dalam melaksanakan kegiatan perkebunan wajib untuk memperhatikan asas-asanya.

 

Segala kegiatan perkebunan yang dilaksanakan pada wilayah kesatuan Republik Indonesia, wajib untuk menerapkan asas:

·       Asas kedaulatan, yaitu dalam penyelenggaraan kegiatan perkebunan, wajib menjunjung tinggi kedaulatan pelaku usaha perkebunan. Maka pelaku usaha perkebunan memiliki hak untuk mengembangkan dirinya dalam melaksanakan usaha.

·       Asas keberlanjutan merupakan penyelenggaraan perkebunan yang harus dilaksanakan secara konsisten tanpa mengesampingkan kesinambungan terhadap memanfaatkan sumber daya alam, turut serta dalam menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup, dan memperhatikan fungsi sosial budaya.

·       Asas keterpaduan memiliki keterkaitan terhadap kegiatan perkebunan yang memadukan aspek sarana dan prasarana produksi perkebunan, pembiayaan, budi daya perkebunan, pengolahan dan pemasaran hasil perkebunan.

·       Asas kebersamaan, ialah menerapkan kemitraan secara terbuka, sehingga dapat terjalin keterkaitan dan saling ketergantungan secara sinergis antar satu pelaku usaha dengan pelaku usaha perkebunan lainnya.

·       Asas keterbukaan dilaksanakan dengan memperhatikan aspirasi masyarakat dan didukung dengan pelayanan informasi yang dapat diakses oleh pelaku usaha perkebunan dan masyarakat.

·       Asas efisiensi-berkeadilan harus dilaksanakan secara tepat guna. Asas ini bertujuan untuk menciptakan manfaat sebesar-besarnya dari sumber daya, serta memberikan peluang dan kesempatan yang sama secara proporsional kepada semua warga negara sesuai dengan kemampuannya.

·       Asas kearifan Iokal, dalam melaksanakan kegiatan perkebunan, wajib untuk mempertimbangkan karakteristik sosial, ekonomi, dan budaya serta nilai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat setempat.

·       Asas kelestarian fungsi lingkungan hidup berupa penyelenggaraan perkebunan yang wajib untuk tidak menggunakan sarana, prasarana, tata cara, dan teknologi yang dapat atau berpotensi mengganggu fungsi lingkungan hidup, baik secara biologis, mekanis, geologis, maupun kimiawi.

 

Pastikan bagi kalian yang sudah atau akan melakukan kegiatan usaha maupun kegiatan perkebunan lainnya, mengetahui dan tidak melanggar asas-asas dalam perkebunan.

 

Penulis: Hans Gilbert Ericsson