Sering Stres? Coba Lakukan 4 Olahraga Ini untuk Lepaskan Semua Beban Hidup

Rabu, 06 Oktober 2021 – 06:02 WIB

Ilustrasi stres

Ilustrasi stres

JAKARTA, REQnews - Beban hidup atau masalah yang berat terkadang membuat seseorang sering mengalami stres, yang berujung pada kerentanan psikologis dan menjadi tidak produktif.

Namun, perlu diketahui bahwa stres bisa diatasi dengan cara-cara yang sebenarnya sederhana, salah satunya olahraga.

"Stres merupakan kombinasi dari kecemasan-ketakutan terhadap hal yang tidak diketahui- dan depresi -rasa sakit yang ada di dalam diri. Olahraga merupakan cara untuk melepaskan tekanan," kata psikolog olahraga Jarrod Spencer.

Beberapa olahraga yang jenisnya ringan dapat membantu seseorang lebih fokus, konsentrasi, meringankan beban pikiran dan menentramkan suasana hati, sehingga stres pun menghilang.

Empat di antara olahraga yang dapat menghilangkan stres tersebut adalah berikut ini:

1. Yoga

Salah satu olahraga ringan yang dapat melenyapkan stres adalah yoga. Dengan aktivitas ini, kamu bisa memperkuat dan menyeimbangkan tubuh, meningkatkan kesehatan mental hingga emosional.

Dalam sebuah penelitian pada 2019 lalu, melakukan yoga tiga kali sepekan dapat meringankan stres, dan memperbaiki mood yang rusak.

2. Jalan Kaki

Kamu juga bisa memilih olahraga berjalan kaki. Selain memperkuat otot, aktivitas mudah yang satu ini juga dapat memperbaiki masalah emosional, apalagi kalau berjalan di alam dengan pemandangan indah.

3. Peregangan

Tahukah kamu stres dapat berpengaruh pada otot tubuh? Makanya, kamu butuh olahraga ringan seperti peregangan.

Ketika kamu melepaskan ketegangan di otot melalui peregangan, stres emosi yang kamu alami juga bisa berkurang. Menurut Harvard Health Publishing, manfaat ini bisa kamu peroleh dengan melakukan peregangan selama 10 menit sebanyak 3 hingga 4 menit seminggu.

4. Jogging

Cara mudah lainnya menghilangkan stres adalah berlari. Ya, bisa dilakukan pagi hari atau sore, bersama keluarga, kawan atau kekasih, sendiri juga gak masalah.