Mau Lamar Kerja di BUMN? Pelajari Dulu Nilai Utama BUMN, Bakal Jadi Soal Interview Kamu

Jumat, 08 Oktober 2021 – 19:30 WIB

Ilustrasi pekerja BUMN (Foto: Istimewa)

Ilustrasi pekerja BUMN (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews – Pada 1 Juli 2020, Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN), Erick Thohir menetapkan nilai-nilai utama atau core values sumber daya manusia badan usaha milik negara.

Nilai-nilai utama BUMN tersebut diharapkan mewujudkan peran BUMN sebagai mesin pertumbuhan ekonomi, akselerator kesejahteraan sosial (social welfare), penyedia lapangan kerja, dan penyedia talenta, sebagai identitas dan perekat budaya kerja yang mendukung peningkatan kinerja secara berkelanjutan.

Penetapan nilai-nilai utama BUMN dilaksanakan berdasarkan pertimbangan dari peraturan perundang-undangan yang ada di Indonesia. Seperti pada Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2003 tentang Pelimpahan Kedudukan, Tugas dan Kewenangan Menteri Keuangan pada Perusahaan Perseroan (PERSERO), Perusahaan Umum (PERUM) dan Perusahaan Jawatan (PERJAN) kepada Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara.

Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2005 tentang Pendirian, Pengurusan, Pengawasan dan Pembubaran Badan Usaha Milik Negara, Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-02/MBU/02/2015 tanggal 17 Februari 2015 tentang Persyaratan, Tata Cara Pengangkatan, dan Pemberhentian Anggota Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas Badan Usaha Milik Negara, dan Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-03/MBU/02/2015 tanggal 17 Februari 2015 tentang Persyaratan, Tata Cara Pengangkatan, dan Pemberhentian Anggota Direksi Badan Usaha Milik Negara.

Bagi kalian yang tertarik untuk bekerja di perusahaan BUMN, kalian akan dihadapkan dengan seleksi administrasi, tes online/offline dan interview. Pada tahap tes, kalian akan diberikan pertanyaan seputar value BUMN, sebagaimana telah ditetapkan dalam Surat Edaran Nomor: SE-7/MBU/Q7/2020.

Simak value BUMN sumber daya manusia yang wajib kalian ketahui sebagai persiapan tes saringan masuk kerja di perusahaan impian kalian, yang pada dasarnya disingkah sebagai AKHLAK:

1.      Amanah, merupakan perbuatan yang memegang teguh kepercayaan yang diberikan. Perbuatan ini di implementasikan dengan memenuhi janji dan komitmen, bertanggung jawab atas tugas, keputusan, dan tindakan yang dilakukan, serta berpegang teguh kepada nilai moral dan etika.

2.      Kompeten, yaitu terus belajar dan mengembangkan kapabilitas, dengan meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah. Memiliki inisiatif untuk membantu orang lain belajar dan menyelesaikan tugas dengan kualitas terbaik.

3.      Harmonis, adalah menunjukkan sikap saling peduli dan menghargai perbedaan satu sama lain. Harmonis dapat diterapkan dengan menghargai setiap orang apapun latar belakangnya, suka menolong orang lain dan membangun lingkungan kerja yang kondusif.

4.      Loyal, memiliki dedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Tindakan yang diwujudkan dengan menjaga nama baik sesama karyawan, pimpinan, BUMN, dan Negara, rela berkorban untuk mencapai tujuan yang lebih besar dan patuh kepada pimpin.

5.      Adaptif, yaitu terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan yang ada. Sifat adaptif berupa cepat menyesuaikan diri untuk menjadi lebih baik, terus-menerus melakukan perbaikan mengikuti perkembangan teknologi dan bertindak proaktif.

6.      Kolaboratif dengan membangun kerja sama yang sinergis, dengan memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi, terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah, menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.

 

Pertanyaan-pertanyaan mengenai nilai utama BUMN akan berkisar pada hal sebagaimana dijelaskan. Semoga kalian dapat menjawab soal-soal dengan baik sesuai dengan prinsip dan nilai BUMN.

 

Penulis: Hans Gilbert Ericsson