Bercita-cita Jadi Prajurit dan Mengabdi Pada Negara? Simak Syarat Umumnya Dahulu

Jumat, 08 Oktober 2021 – 21:32 WIB

Prajurit (Foto: Istimewa)

Prajurit (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews – Bagi kalian yang berminat menjadi prajurit yang merupakan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), terdiri atas Prajurit Angkatan Darat, Prajurit Angkatan Laut, dan Prajurit Angkatan Udara.

Profesi prajurit merupakan profesi yang terhormat, yang mengaktualisasikan diri dalam upaya bela negara guna mempertahankan keutuhan wilayah, kedaulatan negara, kehormatan bangsa, melindungi keselamatan rakyat, serta ikut menciptakan perdamaian abadi dan ketertiban dunia berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Berdasarkan cara memasuki dinas keprajuritan, yang merupakan pengabdian seseorang warga negara sebagai prajurit, baik sebagai prajurit sukarela yaitu atas kemauan sendiri melakukan mengabdikan diri, maupun sebagai prajurit wajib karena diwajibkan berdasarkan peraturan perundang-undangan, dikelompokkan dalam golongan kepangkatan perwira, bintara dan tamtama.

Persyaratan umum untuk menjadi prajurit adalah:

1.      Warga Negara Indonesia.

2.      Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

3.      Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

4.      Pada saat dilantik menjadi prajurit berumur paling rendah 18 (delapan belas) tahun.

5.      Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia.

6.      Sehat jasmani dan rohani.

7.      Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

8.      Lulus pendidikan pertama untuk membentuk prajurit siswa menjadi prajurit.

9.      Persyaratan lain sesuai dengan keperluan.

 

Persyaratan sebagaimana dijelaskan merupakan persyaratan yang bersifat umum, serta pelaksanaan penerimaan warga negara menjadi prajurit sukarela dilakukan oleh panitia penerimaan yang dibentuk pada tingkat daerah dan pusat sesuai dengan kebutuhan.

Pastikan kalian memiliki badan dan kondisi yang fit agar dapat membela negara dalam kondisi apapun, dikarenakan seorang prajurit di samping dituntut bekerja secara profesional, juga dituntut pengorbanan jiwa dan raga selama masa pengabdiannya.

 

Penulis: Hans Gilbert Ericsson