Agar Tidak Salah Pilih Akomodasi Penginapan, Pahami Dulu Jenis-jenis Penginapan

Rabu, 13 Oktober 2021 – 20:01 WIB

Ilustrasi wisata (Foto: Istimewa)

Ilustrasi wisata (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews – Tahukah kalian, akhir-akhir tahun banyak orang yang melakukan liburan karena sudah merasa bosan dengan kondisi PPKM yang berkelanjutan dan jenuh berada di rumah melaksanakan rutinitas.

Industri pariwisata yang sempat terkena dampak pandemi Covid-19, kini mulai pulih kembali karena meningkatnya peminat dan konsumen yang melakukan kegiatan liburan.

Bagi kalian yang berencana untuk melaksanakan liburan dan melakukan penginapan, jangan sampai salah pilih penginapan yang tidak sesuai ekspektasi kalian. Berbagai media dan e-commerce online yang tersedia sekarang, menyediakan akomodasi penginapan yang bervariatif.

Akomodasi penginapan ialah penyelenggaraan pelayanan penginapan yang dikelola oleh suatu badan maupun perseorangan, pada suatu tempat atau lokasi tertentu dengan bangunan permanen termasuk di dalamnya penyediaan berbagai fasilitas dan jasa penunjang lainnya sesuai kebutuhan tamu dan pengunjung.

Menurut pertimbangan dari Undang-undang Nomor 9 Tahun 1990 tentang Kepariwisataan dan peraturan berkaitan, membedakan 9 macam akomodasi penginapan, yaitu:

 

1.      Hotel, yang menyediakan tempat dan fasilitas kamar untuk menginap dengan perhitungan pembayaran harian serta dapat menyediakan berbagai jenis fasilitas pelayanan, seperti fasilitas penyediaan makanan dan minuman, fasilitas konvensi dan pameran, fasilitas rekreasi dan hiburan, fasilitas olah raga dan kebugaran, fasilitas jasa layanan bisnis dan perkantoran fasilitas jasa layanan keuangan, fasilitas perbelanjaan, serta pengembangan fasilitas penunjang lainnya yang diperlukan untuk aktivitas tamu dan pengunjung.

2.      Motel, menyediakan tempat dan fasilitas kamar untuk persinggahan dengan perhitungan pembayaran minimal setiap 6 (enam) jam dan menyediakan fasilitas garasi pada tiap-tiap kamar serta dapat menyediakan fasilitas penyediaan makanan dan minuman, fasilitas rekreasi dan hiburan, serta pengembangan fasilitas penunjang lainnya yang diperlukan.

3.      Losmen, mempergunakan sebagian dan rumah tinggal atau bangunan permanen khusus untuk penginapan dengan perhitungan pembayaran harian serta dapat menyediakan fasilitas penyediaan makanan dan minuman, serta pengembangan fasilitas penunjang lainnya yang diperlukan, antara lain seperti home stay.

4.      Resor wisata, menyediakan tempat dan fasilitas kamar pada bangunan permanen tertentu atau terpisah-pisah untuk menginap dengan perhitungan pembayaran harian serta dapat menyediakan berbagai jenis fasilitas pelayanan, seperti fasilitas penyediaan makanan dan minuman, fasilitas konvensi dan pameran, fasilitas rekreasi dan hiburan, fasilitas olah raga dan kebugaran, serta pengembangan fasilitas penunjang lainnya yang diperlukan untuk aktivitas tamu dan pengunjung.

5.      Penginapan remaja,  menyediakan tempat menginap dan fasilitas untuk kegiatan Remaja dengan perhitungan pembayaran harian serta dapat menyediakan berbagai jenis fasilitas pelayanan, seperti fasilitas penyediaan makanan dan minuman, fasilitas konvensi dan pameran, fasilitas rekreasi dan hiburan, fasilitas olahraga dan kebugaran, serta pengembangan fasilitas penunjang lainnya yang diperlukan, antara lain seperti youth hostel, graha wisata dan sejenisnya.

6.      Hunian wisata, atau biasa dikenal dengan sebutan service apartemen, yaitu jenis usaha akomodasi untuk tinggal sementara dengan perhitungan pembayaran mingguan atau bulanan, serta dapat menyediakan berbagai jenis fasilitas pelayanan, seperti fasilitas penyediaan makanan dan minuman, fasilitas rekreasi dan hiburan, fasilitas olah raga dan kebugaran, serta pengembangan fasilitas penunjang lainnya yang diperlukan untuk aktivitas tamu dan pengunjung.

7.      Karavan, ialah akomodasi yang menyediakan tempat penginapan yang bersifat mobil dan dapat berpindah-pindah lokasi.

8.      Pondok wisata, yang terdiri dari unit-unit bangunan terpisah seperti rumah tinggal yang menyediakan tempat dan fasilitas kamar untuk menginap dengan perhitungan pembayaran harian serta dapat menyediakan berbagai jenis fasilitas pelayanan yang terpisah, seperti fasilitas penyediaan makanan dan minuman, fasilitas konvensi dan pameran, fasilitas rekreasi dan hiburan, fasilitas olah raga dan kebugaran, serta pengembangan fasilitas penunjang lainnya yang diperlukan untuk aktivitas tamu dan pengunjung.

9.      Wisma, merupakan seluruh atau sebagian bangunan rumah untuk fasilitas kamar penginapan dengan perhitungan pembayaran harian dan biasa dipergunakan untuk keperluan instansi, perusahaan atau badan serta termasuk melayani umum, serta dapat menyediakan fasilitas penyediaan makanan dan minuman.

 

Setelah mengetahui perbedaannya, semoga kalian tidak salah memesan tempat penginapan sesuai dengan peruntukan dan keinginan kalian dalam menikmati liburan.

 

 

Penulis: Hans Gilbert Ericsson