3 Amalan Khusus Maulid Nabi, Laksanakan dan Rasakan Berkahnya

Senin, 18 Oktober 2021 – 19:45 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - 

Umat Islam di seluruh dunia tengah bersuka cita menyambut hari kelahiran atau Maulid Nabi Muhammad SAW, yang diperingati setiap 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriah, atau bertepatan dengan 19 Oktober 2021 ini.

Tentu saja, dalam menyambut hari besar ini, umat Islam mengharapkan berkah dari Allah SWT dan syafaat Rasulullah SAW kelak. 

Untuk itu, pada hari Maulid Nabi, dianjurkan melakukan amalan-amalan sunnah berikut ini, untuk mendapatkan manfaat besar dalam hidup.

1. Baca Salawat

Dalam surah Al Ahzab ayat 56, disebutkan bahwa Allah dan para malaikat bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya," (QS. Al Ahzab: 56).

Maka, sebagai manusia biasa, tentu saja kita pun diminta untuk bersalawat mengagungkan nama sang pencerah dan pembawa kedamaian di muka Bumi ini, yaitu Muhammad SAW.

2. Sedekah

Pada hari yang mulia ini, dianjurkan banyak-banyak bersedekah sebagai tanda rasa syukur serta bahagia akan kelahiran sang nabi terakhir.

3. Puasa

Diriwayatkan dari Abu Qatadah al-Anshari bahwa suatu ketika Nabi Muhammad SAW ditanyai mengenai kebiasaannya berpuasa di hari Senin, Nabi Muhammad SAW pun bersabda “Di hari Senin-lah aku dilahirkan dan di hari Senin-lah diturunkan (Al Quran) kepadaku.” (HR Muslim)