3 Tips Darurat Kelola Uang Akhir Bulan, Supaya Gak Makan Mi Terus

Kamis, 21 Oktober 2021 – 07:01 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Akhir bulan, keuangan tentu saja sudah kian menipis. Kehidupan ekstra hemat pun akhirnya dijalani, terkadang, mi instan jadi pilihan menu hingga gajian tiba.

Nah, sebenarnya kalau kalian jago dalam mengelola keuangan, tidak ada tuh yang namanya derita akhir bulan. Hanya saja terkadang, setelah gajian, foya-foya dan hambur duit tidak terkendali.

Untuk itu, penting mengetahui cara-cara jitu dalam pengelolaan uang setiap bulan, agar pengeluaranmu terukur dan imbang dengan pemasukan, serta kamu tetap bisa menabung untuk masa depan, atau situasi darurat.

Berikut 3 tips darurat untuk kelola uangmu di akhir bulan:

1. Atur Ulang Bujet yang Tersisa

Penting untukmu mengatur ulang bujet atau anggaran di kantong yang tersisa akhir bulan. Misalkan, bila pekan-pekan sebelumnya kamu menghabiskan Rp 100 ribu hingga 150 ribu per hari, tekan angka itu menjadi Rp 50 ribu. Tentu saja dengan nilai demikian, kamu masih terhindar kok dari makan mi instan.

2. Cek Promo Sebelum Belanja

Bila kamu harus membelanjakan sesuatu di akhir bulan, carilah produk-produk yang ada promo atau diskonnya. Ini tentu saja menguntungkan dan akan menekan pengeluaranmu.

3. Kurangi Jalan-jalan

Berkeliaran di mal atau nongkrong di kafe hanya akan membuang-buang uangmu saja, terutama di akhir bulan. Jadi, sebaiknya kurang-kurangilah melakukan hal tersebut, mending di rumah saja, atau kalau mau keluar, di tempat yang murah meriah.