Takut Kecelakaan di Jalan? Baca Doa Ini Rutin Pasti Selamat sampai Tujuan

Kamis, 04 November 2021 – 20:00 WIB

Ilustrasi berdoa

Ilustrasi berdoa

JAKARTA, REQnews - Kecelakaan maut di jalan terus menjadi pemberitaan hangat di Indonesia belakangan ini. Mulai dari tabrakan LRT, bus Transjakarta dan banyak lagi lainnya dalam waktu berdekatan.

Terbaru, artis Vanessa Angel dan suaminya Febri 'Bibi' Andriansyah meninggal dunia karena kecelakaan tunggal di Tol Jombang, Kamis 4 November 2021. Insiden serupa pada hari yang sama juga terjadi di Tol Cipali merenggut nyawa Dekan Fakultas Peternakan UGM I Gede Suparta Budisatria.

Tentunya, kita semua berharap agar diberi keselamatan di jalan. Tak hanya memastikan kendaraan yang dipakai benar-benar baik, penting juga untuk tetap berdoa memohon agar dijauhkan dari segala bahaya.

Untuk itu, agar berpergian dengan nyaman dan selamat sampai tujuan, bacalah tiga doa berikut ini.

1. QS Al Ikhlas

"Qul huwallahu ahad. Allahus shamad. Lam yalid, wa lam yûlad. Wa lam yakullahû kufuwan ahad."

Artinya: "Katakanlah, "Dialah Allah yang esa. Dia tempat bergantung. Dia tidak melahirkan dan tidak dilahirkan. Tiada satu pun yang menyamai-Nya."

2. Doa dari Nabi Muhammad SAW

"Bismillaah, alhamdulillaah, (subhaanal-ladzii sakh-khoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin. Wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun), alhamdulillaah (3x), allaahu akbar (3x), subhaanakallaahumma innii zholamtu nafsii faghfir lii, fa-innahu laa yaghfirudz-dzunuuba illaa anta."

Artinya: "Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, (Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya.
Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari Kiamat)). Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x), Maha Suci Engkau ya Allah, sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau". (HR. Abu Dawud 3/34, At-Tirmidzi 5/501, dan Shahih At-Tirmidzi 3/156).

3. Asma Allah

Sepanjang perjalanan, alangkah baiknya terus menyebut asma Allah agar dihindarkan dari segala bahaya yang mengancam.

"Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar."

Artinya: Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, dan Allah Maha Besar.