Mau Resign? Siapkan Dulu 5 Hal Ini agar Tidak Menyesal

Sabtu, 06 November 2021 – 21:10 WIB

Ilustrasi resign

Ilustrasi resign

JAKARTA, REQnews - Banyak alasan yang membuat seseorang memutuskan untuk mengajukan resign dari pekerjaannya. Mulai dari merasa jenuh dan bosan dengan pekerjaan yang dilakukan hingga gaji yang tidak sesuai dengan ekspetasi.

Namun, jika kamu sedang berada di posisi tersebut, jangan terburu-buru untuk resign. Kamu harus benar-benar menyiapkan beberapa hal ini sebelum keluar dari pekerjaan agar bisa menopang kehidupanmu selama tidak bekerja. Lantas, apa saja sih hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan untuk resign? Simak jawabannya di bawah ini ya!

1. Menyiapkan Rencana yang Matang Setelah Resign

Kamu harus memiliki rencana yang matang sebelum memutuskan resign. Tidak hanya merencanakan karier ke depannya, tetapi juga merencanakan semua aspek kehidupan. Hal ini dilakukan agar setelah resign, ada hal yang harus kamu lakukan. Selain itu, rencana yang matang juga akan membuatmu terus berjalan untuk mencapai tujuan yang telah kamu tetapkan. Jika kamu tidak memiliki rencana yang matang, maka waktumu akan terbuang sia-sia dengan hal yang tidak bermanfaat.

2. Memutuskan Resign Ketika Sudah Kemiliki Pekerjaan yang Baru

Mencari pekerjaan saat ini bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, jika kamu berencana untuk tetap menjadi karyawan, ada baiknya kamu mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasimu. Jadi, setelah keluar dari kantor lama, kamu bisa langsung bekerja di kantor baru.

3. Pastikan Kamu Tidak Mempunyai Tanggungan Selain Diri Sendiri

Jika kamu masih belum mendapatkan pekerjaan baru, pastikan kamu tidak bertanggung jawab atas hidup orang lain, seperti orang tua, suami/istri, ataupun anak. Pasalnya, hal tersebut justru akan menimbulkan masalah baru ke depannya. Jadi, jika kamu memiliki tanggungan selain dirimu sendiri, bertahan di pekerjaan yang sekarang akan jauh lebih baik. 

4. Cari Mentor Jika Ingin Memulai Bisnis Sendiri

Jika ingin mencoba untuk memulai usaha sendiri, sebaiknya kamu sudah memiliki mentor atau sosok yang bisa dimintai nasihat atau pertimbangan dalam hal ini. Menemukan dan memiliki mentor ini perlu dilakukan agar ke depannya kamu bisa lebih mudah menentukan arah dan tujuan dalam menjalankan bisnismu.

5. Siapkan Dana Rarurat

Dana darurat merupakan hal pokok yang harus dialokasikan saat menerima gaji. Karena sifatnya yang sangat penting, maka alokasi dana darurat harus diutamakan. Selain itu, dana darurat juga akan menghindarkanmu dari utang pada saat ada kebutuhan tak terduga.