8 Tips Menghadapi Orang Depresi Seperti Kyota Hattori Si Joker dari Jepang

Selasa, 09 November 2021 – 21:32 WIB

Kyota Hattori (Foto: Tangkapan layar)

Kyota Hattori (Foto: Tangkapan layar)

JAKARTA, REQnews - Belakangan ini, publik tengah dihebohkan dengan aksi seorang pria bernama Kyota Hattori (24) yang melakukan penusukan terhadap belasan orang di MRT Jepang. Hal itu Hattori lakukan bukan tanpa sebab, namun dikabarkan ada faktor depresi.

Ia diketahui diberhentikan karena ada masalah dengan pelanggan tempatnya bekerja. Hattori merasa gagal, dirinya kemudian mengingat karakter 'Joker' sebagai tokoh baik yang tersakiti hingga merasa dunia tidak adil untuknya lalu bertindak brutal dengan caranya sendiri.

Dengan melihat tokoh fiktif itu, pria berumur 24 tahun ini pun melakukan tindakan kejinya. Seakan ia ingin melepas kegagalan dirinya dengan cara yang lebih sadis dibandingkan harus bunuh diri.

Depresi merupakan gangguan suasana hati atau mood yang menjadi sebab munculya perasan sedih dan kehilangan yang berlangsung terus menerus, dan menyebabkan gangguan mental.

Nah, lalu bagaimana sih seharusnya kita menyikapi orang-orang yang memiliki keadaan seperti yang dialami Hattori, terutama dalam lingkup orang tedekat kita? Nah, berikut beberapa cara untuk menyikapinya!

1. Menggali Informasi

Saat ini banyak sekali sumber informasi yang bisa kita dapatkan. Untuk itu kita harus berusaha mencari tahu dan mengetahui tentang kondisi serta gejala yang mungkin mucul.

2. Pahami Tentang Depresi

Satu hal yang harus kita tahu kalau depresi merupakan sebuah penyakit, jika mereka tidak ingin beraktivitas bukan berarti mereka malas. Tapi mereka memiliki kondisi mental yang lelah.

3. Berikan Dukungan

Salah satu yang menjadi faktor penyemangat orang adalah adanya dukungan dari orang terdekat. Dengan adanya dukungan orang merasa semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

4. Menawarkan Bantuan

Selain itu, agar mereka tidak merasa diasingkan dan dijuhi, sebisa mungkin kita bisa menawrkan bantuan dan mengingatkan mereka untuk selalu teratur minum obat dan terapi.

5. Berusaha Mendampingi

Kita berusaha untuk meluangkan waktu yang kita miliki agar dapat mendampingnya. Kita mungin bisa menjadi pendengar untuk ia bercerita atau kita bisa membuatnya tenang.

6. Berikan Perhatian

Kita bisa menunjukkan ke mereka rasa perhatiaan kita sebagai orang terdekat. Hal itu dilakukan agar mereka bisa tenang dalam berfikir.

7. Menjaga Diri

Selain perhatian yang kita berikan, yang harus kita lakukan adalah menjaga diri kita sendiri. Karena depresi sendiri bisa menular ke orang lain, kita harus menjaga diri kita agar tidak terpengaruh.

8. Memahami Karakternya

Kita perlu mengetahui tentang perilaku depresi bukanlah sifat asli mereka. Terkadang mereka berperilaku yang membuat kita tidak nyaman. Tapi satu hal yang harus ingat adalah bahwa perilaku itu bukanlah sifat asli mereka.

Itulah beberapa tips yang harus kamu lakukan untuk menghadapi orang-orang yang memiliki gangguan depresi. Dukung dan dampingi mereka dalam proses penyembuhan, agar tidak ada joker-joker lain di lingkungan kita!