IFBC Banner

5 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal, Simak Yaa!

Sabtu, 20 November 2021 – 19:03 WIB

Ilustrasi seseorang sakit ginjal (Foto: Shutterstock)

Ilustrasi seseorang sakit ginjal (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, REQnews - Ginjal merupakan organ yang memiliki fungsi penting untuk tubuh untuk menyaring produk limbah, kelebihan air, dan kotoran lain dari darah. Produk limbah ini kemudian disimpan di kandung kemih dan kemudian dikeluarkan melalui urine.

IFBC Banner


Ginjal juga memiliki peran dalam mengatur kadar pH, garam, dan kalium dalam tubuh serta menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah. Ginjal juga berfungsi untuk mengaktifkan bentuk vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium untuk membangun tulang dan mengatur fungsi otot.

Fungsinya itu, maka menjaga kesehatan ginjal penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan menjaga kesehatan ginjal, tubuh akan menyaring dan membuang limbah dengan baik dan menghasilkan hormon untuk membantu tubuh berfungsi dengan baik.

Nah, kali ini REQnews.com telah merangkum 5 tips menjaga kesehatan ginjal yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Mengurangi Konsumsi Gula

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan jumlah gula yang sangat tinggi dapat mengalami kerusakan ginjal. Ketika sel-sel tubuh Anda tidak dapat menggunakan glukosa (gula) dalam darah Anda, ginjal Anda dipaksa bekerja ekstra keras untuk menyaring darah Anda.

2. Olahraga Teratur

Dengan melakukan olahraga secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Selain itu, juga dapat mengurangi tekanan darah Anda dan meningkatkan kesehatan jantung Anda, yang keduanya penting untuk mencegah kerusakan ginjal.

 

3. Stop Merokok

Merokok dapat meningkatkan Anda pada risiko kanker. Jika Anda berhenti merokok, risiko Anda akan turun. Namun, itu akan membutuhkan bertahun-tahun untuk kembali ke tingkat risiko seseorang yang tidak pernah merokok.

4. Cukupi Kebutuhan Air

Anda bisa minum delapan gelas sehari untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh. Hal ini dilakukan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Asupan air yang cukup juga dapat membantu ginjal tetap dalam kondisi sehat.

 

5. Memantau Berat Badan

Diet sehat yang rendah sodium, daging olahan, dan makanan lain yang merusak ginjal dapat membantu mengurangi risiko kerusakan ginjal. Fokus pada makan bahan-bahan segar yang secara alami rendah sodium, seperti kembang kol, blueberry, ikan, biji-bijian, dan banyak lagi.