IFBC Banner

Ingin Bertahan di Lingkungan Kerja yang Toxic? Ikuti Tips Ampuh Ini

Sabtu, 20 November 2021 – 15:25 WIB

Ilustrasi lingkungan kerja yang toxic. (Foto: iStock)

Ilustrasi lingkungan kerja yang toxic. (Foto: iStock)

Jakarta, REQnews - Karyawan seringkali menghadapi kondisi lingkungan kerja yang tidak menyenangkan. Kondisi yang tidak menyenangkan inilah yang disebut dengan toxic workplace environment.

Lingkungan kerja seperti ini tentunya akan mengakibatkan gangguan serius dalam kehidupan pribadi dan membuat produktivitasmu semakin menurun.

Jika saat ini kamu berada di lingkungan kerja yang toxic, tentu kamu membutuhkan tips untuk bertahan agar bisa menjalankan pekerjaan dengan baik. Lantas, apa saja sih tipsnya?

1. Terapkan Prinsip Work-life Balance

Buatlah batasan yang jelas, antara kehidupan pribadi dan profesional. Penting untuk mengatur waktu dan energi yang seimbang antara pekerjaan, kebutuhan pribadi, dan kehidupan berkeluarga. 

Dengan memiliki work-life balance, seseorang dapat menjadi lebih produktif dan kreatif.

2. Menjaga Hubungan Baik dengan Rekan Terpercaya

Carilah rekan yang dapat dipercaya dan saling mendukung satu sama lain. Kalau kamu sudah memiliki rekan yang terpercaya, kamu bisa curhat dan sedikit mengeluarkan unek-unek masing-masing.

Hal ini penting untuk dilakukan, karena kamu memerlukan support system di kantor.

3. Fokus Mengembangkan Diri

Mengembangkan potensi diri di dalam lingkungan kerja sangat diperlukan. Oleh karena itu, ada baiknya tetap fokus untuk melakukan yang terbaik terhadap tugas yang diberikan dan memanfaatkan setiap kesempatan yang ada. 

Selain itu, temukan hal-hal positif yang ada di dalam pekerjaanmu. Jadikan lingkungan kerja yang toxic ini menjadi batu loncatan untuk mendapat peluang yang lebih baik.

4. Temukan Kegiatan untuk Melawan Stres

Jika kamu sudah mulai merasa stres terhadap pekerjaan, ada baiknya untuk rehat sejenak. Ajak temanmu untuk makan siang yang lezat, pergi jalan-jalan ke daerah sekitar kantor, atau melakukan meditasi. 

Temukan kegiatan yang bisa membuatmu bahagia dan melupakan sejenak kericuhan yang terjadi dalam pekerjaanmu.

5. Buat Strategi yang Konkrit untuk Mengundurkan Diri

Kalau sudah merasa tidak sanggup bertahan di lingkungan kerja yang toxic, buatlah strategi yang jelas untuk mengundurkan diri. Tentukan waktu yang tepat untuk resign dan mulailah cari pekerjaan yang baru yang lebih kondusif.