Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Memutuskan Operasi Lasik, Jangan sampai Nyesal Ya

Kamis, 25 November 2021 – 18:34 WIB

Ilustrasi operasi lasik

Ilustrasi operasi lasik

JAKARTA, REQnews - Operasi lasik kerap dianggap sebagai solusi jitu untuk orang-orang yang lelah bergantung pada kacamata karena masalah penglihatan, khususnya mata minus atau miopa.

Lasik atau Laser-Assisted In-Situ Keratomileusis mulai populer dan diminati sejak tahun 2000-an, meskipun biayanya terbilang cukup mahal.

Namun, sebelum memutuskan untuk menggelontorkan uang puluhan juta rupiah demi operasi lasik, ada baiknya kalian mempertimbangkan empat hal berikut ini, supaya tak menyesal kemudian hari.

1. Tidak Ada Jaminan 100 Persen Mata Sembuh

Benar Lasik adalah cara alternatif untuk menyembuhkan mata minus, plus dan silinder. Tapi, tidak jarang orang setelah melakukan Lasik masih tetap menggunakan kacamata karena tidak sepenuhnya sembuh.

2. Lasik Tidak untuk Semua Orang

Ini bukan tentang harga operasi Lasik yang melangit, tapi tidak semua orang bisa melakukan operasi ini dikarenakan kondisi yang lebih berbahaya, misalnya mengalami masalah mata kering atau gangguan kornea.

3. Jangan Berharap Penglihatan Segera Normal Setelah Operasi

Tidak ada penyakit yang sembuh instant atau tiba-tiba, begitu juga dengan Lasik. Setelah operasi Lasik, penglihatan Anda tidak akan segera normal tiba-tiba, namun butuh proses, seperti perawatan lanjutan, penetesan obat khusus atau menggunakan kacamata untuk menghindari paparan sinar berlebih.

4. Ada Banyak Jenis Lasik

Teknologi no touch, microkeratome, atau advance surface ablation, adalah tiga di antara banyaknya jenis operasi Lasik. Setiap operasi memiliki keunggulan beserta kekurangan masing-masing. Sebelum operasi, baiknya berkonsultasi dengan ahlinya sesuai masalah yang diderita. (Ryan Virgiawan)