Sopir Mercy Lawan Arah di Tol Ternyata Demensia, Ini Penyebab, Pencegahan dan Pengobatannya

Minggu, 28 November 2021 – 20:03 WIB

Sopir Mercy Lawan Arah di Tol mengalami Demensia (Foto:Istimewa)

Sopir Mercy Lawan Arah di Tol mengalami Demensia (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Demensia adalah penyakit yang mengakibatkan penurunan daya ingat dan cara berpikir. Kondisi ini berdampak pada gaya hidup, kemampuan bersosialisasi, hingga aktivitas sehari-hari penderitanya.

Dilansir dari alodokter, ada beberapa jenis demensia dan yang paling sering terjadi adalah penyakit Alzheimer dan demensia vaskular. Alzheimer adalah demensia yang berhubungan dengan perubahan genetik dan perubahan protein di otak. Sedangkan, demensia vaskular adalah jenis demensia akibat gangguan di pembuluh darah otak.

Demensia disebabkan oleh rusaknya sel saraf dan hubungan antar saraf pada otak. Sementara untuk pencegahananya belum ada. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risikonya, seperti:

1.Berhenti merokok.
2.Berolahraga secara teratur.
3.Tidur yang cukup.
4.Menjaga asupan nutrisi dan menerapkan pola makan sehat, misalnya dengan mengonsumsi makanan rendah lemak dan tinggi serat.                                                              5. Konsumsi vitamin untuk otak dan suplemen herbal, seperti Gingko biloba, juga diduga baik untuk mencegah demensia.
6. Kurangi asupan alkohol.
7. Menjaga berat badan ideal.
8. Melatih otak secara berkala, seperti rajin membaca atau bermain teka-teki silang.
9. Rutin mengontrol tekanan darah, kadar gula darah, dan kolestrol.
10. Segera melakukan konsultasi ke dokter jika mengalami stres, depresi, atau gangguan kecemasan.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk pengobatan demensia, yakni melakukan terapi, obat-obatan dan juga operasi.