Kenali Nih 10 Gejala Awal Infeksi Liver yang Renggut Nyawa Ameer Azzikra, Jangan Sampai Terlambat!

Senin, 29 November 2021 – 12:02 WIB

Ameer Azzikra meninggal dunia setelah berjuang melawan infeksi liver. (Foto: Istimewa)

Ameer Azzikra meninggal dunia setelah berjuang melawan infeksi liver. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Kabar duka datang dari keluarga mendiang Ustaz Arifin Ilham. Putra almarhum Ustaz Arifin Ilham yang juga adik dari Alvin Faiz, Ameer Azzikra meninggal dunia di usia 20 tahun.

Sebelum meninggal, diketahui Ameer mengidap penyakit infeksi liver. Lantas seberapa bahayakah penyakit infeksi liver? Apakah selalu bisa mengancam nyawa?

Dilansir dari Mayo Clinic, Senin, 29 November 2021, liver atau hati merupakan organ yang sangat penting pada tubuh manusia, dimana fungsinya sangat berpengaruh pada pencernaan makanan dan pembersihan racun dari tubuh.

Ada beberapa gangguan yang bisa menyebabkan organ hati menjadi bermasalah, di antaranya sebagai berikut:

1. Infeksi

Hati dapat terinfeksi yang disebabkan oleh parasit dan virus. Hal tersebut menyebabkan peradangan yang mengurangi fungsi hati. Virus yang menyebabkan kerusakan hati dapat menyebar melalui darah atau air mani, makanan atau air yang terkontaminasi, atau kontak dekat dengan orang yang terinfeksi. Jenis infeksi hati yang paling umum adalah virus hepatitis, termasuk hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C.

2. Kelainan Sistem Kekebalan Tubuh

Penyakit yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang bagian tertentu dari tubuh (autoimun) dapat memengaruhi hati. Beberapa penyakit hati autoimun meliputi hepatitis autoimun, kolangitis bilier primer, dan kolangitis sklerosis primer.

3. Faktor Keturunan

Gen abnormal yang diwarisi dari salah satu atau kedua orangtua dapat menyebabkan berbagai zat menumpuk di hati yang mengakibatkan kerusakan hati. Penyakit hati genetik meliputi hemokromatosis, penyakit wilson, dan defisiensi antitripsin alfa-1.

4. Kanker

Kanker hati, kanker saluran empedu, dan adenoma hati juga menyebabkan organ hati bermasalah.

5. Faktor Penyebab Lain

Selain penyebab di atas, ada faktor lain yang menyebabkan kerusakan pada organ hati, seperti mengkonsumsi alkohol, akumulasi lemak di hati, mengkonsumsi resep atau obat bebas tertentu, dan mengkonsumsi senyawa herbal tertentu.

Nah, seseorang yang mengalami gangguan pada hati atau liver umumnya akan mengalami sederet gejala berikut ini:

1. Kulit dan mata tampak kekuningan
2. Sakit perut dan bengkak
3. Bengkak di kaki dan pergelangan kaki
4. Kulit gatal
5. Warna urine gelap
6. Warna tinja pucat
7. Kelelahan kronis
8. Mual atau muntah
9. Kehilangan selera makan
10. Kecenderungan mudah memar.

Jika mengalami gejala-gejala di atas, ada baiknya segera konsultasikan kesehatan Anda pada dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.