Wajib Dicoba! Nih 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Paru-paru

Selasa, 30 November 2021 – 17:02 WIB

Ilustrasi pemeriksaan paru-paru (Foto: Istimewa)

Ilustrasi pemeriksaan paru-paru (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Menjaga kesehatan paru merupakan salah satu hal yang penting dilakukan. Karena ada berbagai macam penyakit seperti asma, penyakit paru obstruksi kronis, hingga kanker paru-paru dapat menyerang organ tersebut.

Jika dibiarkan begitu saja, penyakit-penyakit tersebut bisa memicu kerusakan pada organ paru, bahkan berujung pada kematian. Ditambah lagi, saat ini virus corona yang tengah menjadi pandemi rentan menyerang sistem pernapasan, terutama paru-paru.

Kali ini, REQnews.com telah merangkum dari berbagai sumber 5 tips menjaga kesehatan paru-paru!

1. Minum Air yang Cukup

Minumlah air bening secukupnya 8 gelas per hari. Air bening merupakan salah satu obat dari segala penyakit di dalam tubuh, karena mengandung oksigen yang akan membuat paru-paru akan bekerja lebih optimal. Selain itu, air bening juga bisa membersihkan segala kotoran atau lendir yang ada di paru-paru.

2. Olahraga Secara Rutin

Dengan melakukan olahraga rutin anda bisa melatih pernafasan dan juga bisa mengencangkan otot-otot pernafasan sehingga bisa bernafas dengan baik. Anda tidak harus melakukan olahraga yang berat namun, juga bisa dengan melakukan tips olahraga ringan saja seperti jogging atau jalan kaki setiap pagi dan sore hari.

3. Jangan Merokok

Aktivitas merokok diketahui menjadi salah satu pemicu sakit paru-paru. Untuk itu, cara terbaik untuk menjaga kesehatan organ ini adalah dengan menghindari atau berhenti merokok. Tidak hanya perokok aktif, orang yang tidak merokok juga disarankan untuk menjauh asap rokok, terutama di ruangan tertutup.  

4. Kurangi Polusi dalam Ruangan 

Tidak hanya di luar ruangan, polusi udara juga bisa terjadi di ruangan tertutup atau di dalam ruangan, bahkan jenis polusi ini juga bisa merusak paru-paru. Untuk itu, perlu dilakukan beberapa cara untuk mengurangi polusi di dalam ruangan, termasuk menggunakan filter udara dan rutin menggantinya, jangan menggunakan bahan kimia berbau menyengat di ruangan tertutup, tutup pintu dan jendela jika udara di luar sangat tercemar, dan jangan merokok di dalam rumah. 

5. Makan Makanan Bergizi

Makanan penuh dengan nutrisi adalah cara mudah untuk menjaga kesehatan paru-paru dan keseluruhan tubuh. Buah apel, pir, dan sayuran merupakan makanan paling ampuh untuk melindungi paru-paru dari infeksi karena kaya akan antioksidan. Ada juga beberapa jenis makanan yang bisa membantu membersihkan paru-paru seperti peppermint, blueberry, dan kacang-kacangan.