Jangan Asal Klaim Jantungmu Sehat, Kalau Belum Cek Tanda-tanda Ini

Kamis, 02 Desember 2021 – 20:00 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Bagian tubuh paling vital, yakni jantung haruslah selalu diperiksa kondisinya. Jangan karena merasa baik-baik saja, Anda tidak memperhatikan kesehatan organ penopang kehidupan tersebut.

Bisa jadi ada masalah yang selama ini Anda tidak ketahui, namun belum terasa efeknya pada tubuh.

Lalu, bagaimana cara mengetahui jantung yang sehat? Para pakar medis menyebut, ada empat tanda yang ditunjukkan oleh tubuh, sebagai bukti jantung Anda sehat. Bila empat tanda ini kurang, berarti ada masalah serius.

1. Tubuh Berenergi

Ketika Anda merasa selalu bugar, tidak mudah lelah dan sakit, serta berenergi dalam aktivitas sehari-hari, maka ini merupakan tanda utama jantung bekerja dengan baik dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Sebaliknya, jika Anda merasa cepat lelah, sebaiknya periksakan ke dokter, barangkali jantung Anda sedang bermasalah.

2. 70-82 Denyut per Menit

Denyut nadi dapat menjadi ukuran apakah jantung Anda sehat atau bermasalah. Angka paling sempurna menurut medis adalah 72 denyut per menit. Namun, Anda pun tetap dikatakan memiliki jantung yang sehat ketika denyut berada antara 70 sampai 82 per menit. Di luar angka tersebut, Anda patut waspada.

3. Pernafasan Lancar

Pernafasan lancar pun bisa jadi tanda jantung yang sehat. Untuk mengetahuinya, cobalah melakukan aktivitas fisik seperti berlari atau menaiki anak tangga. Jika Anda mudah lelah disertai kesulitan mengatur pernafasan, maka ada masalah dengan jantung Anda.

4. Berat Badan Normal

Menurut pakar medis, salah satu ukuran jantung yang sehat adalah berat badan normal, tidak mengalami obesitas. Selama ini, obesitas kerap memicu banyak komplikasi, termasuk penyempitan pembuluh darah berujung stroke atau sakit jantung.