IFBC Banner

Ditinggal Nikah? Begini Tips Sembuhkan Jiwamu yang Rusak Berantakan

Selasa, 11 Januari 2022 – 06:01 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Putus dalam percintaan sudah biasa. Tapi, yang sakitnya luar biasa adalah saat ditinggal menikah oleh kekasih, ia memilih hidup dengan orang lain ketika sedang menjalin asmara denganmu.

IFBC Banner


Bayangkan, betapa hancurnya jiwamu saat ditinggal nikah. Pasti pedih banget ya? Tenang, dunia ini hanya sesaat, cinta datang dan pergi sudah biasa, yakinlah.

Saat ia meninggalkanmu, bukan berarti hidupmu harus berakhir kan? Dunia masih berputar, kamu harus segera sembuhkan luka dalam hatimu dan membuka diri menerima yang lain.

Untuk itu, coba simak tips berikut ini, untuk menyembuhkan hati yang terluka dan lebih lapang menerima keadaan. Ada empat langkah yang dinamakan TEAR, menurut psikolog ternama William Worden.

1. T (To Accept the Reality of the Loss)

Kehilangan seseorang yang sangat kamu kasihi, namun kamu tak boleh menolak kenyataan bahwa ia telah pergi. Tindakan itu bisa menghalangi periode berduka yang seharusnya dijalani.

Akibatnya, kamu bisa jadi lebih terluka dalam. Maka dari itu, menerima kenyataan bahwa kamu sudah kehilangan, akan membuka pikiran serta jiwamu lebih lapang.

 

 

2. E (Experience the Pain of the Loss)

Kamu harus mencoba merasakan semua emosi yang datang bersamaan dengan duka kehilangan seseorang. Meskipun, banyak anggapan bahwa duka dapat dihindarkan dengan membuang emosi negatif dan mencoba kuat, tapi yang demikian tak mendatangkan kebaikan.

Worden menyebut, membiarkan diri berduka juga bisa menjadi cara untuk membuat duka itu lebih cepat berlalu.

 

3. A (Adjust to a New Life without the Lost Person)

Langkah selanjutnya adalah mencoba beradaptasi atau menerima kehidupan baru tanpa dia yang telah pergi. Ini sulit dilakukan, namun bukan berarti tak bisa.

4. R (Reinvest in the New Reality)

Setelah mulai beradaptasi, kamu juga harus membuka lembaran baru dan belajar menerima seseorang yang mungkin saja menjadi kebahagiaan baru untukmu.