Tips untuk Jaksa Agung agar Tak Jantungan Setelah Vonis Nihil Heru Hidayat

Selasa, 18 Januari 2022 – 21:53 WIB

Jaksa Agung ST Burhanuddin

Jaksa Agung ST Burhanuddin

JAKARTA, REQnews - Vonis nihil yang dijatuhkan hakim kepada Heru Hidayat dalam kasus korupsi pengelolaan dana PT Asabri, benar-benar mengejutkan publik.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana nihil,” kata Ketua Majelis Hakim IG Eko Purwanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa 18 Januari 2022.

Selanjutnya, hakim juga menjatuhkan pidana tambahan untuk Heru yang diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp 12,6 triliun.

“Dengan ketentuan jika dalam waktu satu bulan sesudah putusan pengadilan mempunyai kekuatan hukum tetap dan terdakwa tidak membayar uang pengganti tersebut, maka harta bendanya disita dan dilelang untuk menutupi uang pengganti,” ucap hakim anggota Rosmina.

Itu belum termasuk putusan hakim agar sederet aset yang telah disita dari Heru Hidayat, dikembalikan.

Tentu saja, hal ini juga menjadi tamparan keras bagi Jaksa Agung ST Burhanuddin dan anggotanya yang dianggap tendensius karena menuntut hukuman mati terhadap Heru, dan menyita asetnya secara besar-besaran. Namun, vonis hakim justru nihil, jauh dari tuntutan jaksa.

Dikhawatirkan, Burhanuddin jantungan setelah mendengar putusan hakim dalam kasus ini.

Untuk itu, berikut REQnews.com bagikan tips agar Jaksa Agung ST Burhanuddin terhindar dari serangan jantung dadakan setelah mendengar putusan hakim.

1. Rutin Olahraga 

Tidur merupakan salah satu aktivitas paling menyenangkan, namun perlu diketahui kalau tidur berpotensi mempercepat timbunan lemak, apalagi kalau setelah makan langsung tidur. Sebab, makanan yang masuk ke dalam tubuh belum sempat terbakar.

Aktif secara fisik atau rutin olahraga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Anda bisa menyempatkan waktu untuk berolahraga sekitar 20-30 menit setiap hari, karena manfaatnya sangat baik untuk kesehatan jantung. Pilihan olahraga ini bisa berupa jalan kaki, jogging, berenang, atau sekadar naik-turun tangga.

2. Konsumsi Makanan Berserat

Bibit penyakit kolesterol sudah ada dalam tubuh sejak dulu, karena yang berasal dari makanan yang dikonsumsi selama. Anda dapat mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dengan meningkatkan konsumsi makanan berserat. Konsumsi makanan berserat secara bertahap setiap harinya, misalnya dari 40 gram ke 50 gram, hingga 60 gram.

Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, makanan berserat justru berpotensi menyebabkan perut kembung. Serat dapat diperoleh dengan mengonsumsi buah-buahan, seperti belimbing, buah naga, alpukat, pisang, jambu merah, dan mangga. Sayur-sayuran pun bisa, seperti bayam, wortel, brokoli, dan kubis.

3. Istirahat yang Cukup

Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap hari. Kurang istirahat dapat meningkatkan risiko terkena penyakit darah tinggi, diabetes, dan serangan jantung. Menjaga kesehatan jantung dapat dimulai dengan membiasakan gaya hidup sehat.

4. Asupan Gizi yang Cukup

Mengganti menu makanan menjadi lebih sehat, seperti perbanyak konsumsi sayur, ikan, buah, telur, dan daging segar yang kandungan proteinnya banyak. Sedangkan untuk asupan lemak sehat, Anda bisa konsumsi kacang-kacangan.

Hindari makanan yang mengandung minyak maupun pemanis buatan yang berlebihan, karena porsi kalori yang ada di dalamnya besar, tidak baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk jantung.