Simak Nih! Tips untuk Pemula yang Ingin Menjajal Mendaki Gunung

Senin, 24 Januari 2022 – 02:10 WIB

Mendaki Gunung (Foto:flypgs)

Mendaki Gunung (Foto:flypgs)

JAKARTA, REQNews - Gagasan mendaki gunung bisa mengasyikkan sekaligus menakutkan bagi pemula. Sebagai pemula Anda tahu bahwa ada pemandangan yang indah ketika sampai di puncak, tetapi tentu khawatir tentang seluruh proses dan pendakian tersebut.

Bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk pendakian pertama Anda? Apa yang harus Anda siapkan? Ada yang boleh dan tidak boleh? Jangan khawatir berikut tipsnya yang kami rangkum dari tripzilla.ph untuk pemula mendaki gunung!

1. Joging atau cardio sebelum mendaki
Ini adalah bagaimana untuk membangun stamina Anda untuk pendakian yang menanjak. Ini sangat penting terutama jika Anda biasanya tidak berolahraga, karena Anda tidak ingin mengejutkan tubuh Anda dari aktivitas yang akan dilakukan. Pastikan untuk jogging beberapa kali dalam minggu-minggu menjelang pendakian Anda.

2. Baca tentang gunung yang akan kamu daki
Hal ini diperlukan karena yang terbaik untuk mengetahui tentang fitur-fitur khusus untuk jalan setapak, penyeberangan sungai atau saluran air, ketersediaan sumber air, biaya masuk, dll.

3. Persiapan untuk melindungi barang bawaan
Anda tidak pernah tahu apakah Anda akan masuk ke genangan air atau sungai yang harus Anda seberangi, atau lebih buruk lagi, mungkin tergelincir. Jangan hanya melindungi diri sendiri, lindungi juga barang-barang Anda dengan menggunakan bahan yang tahan air.

4. Bawalah sekitar dua liter air
Anda tidak boleh mengalami dehidrasi karena pendakian. Dehidrasi dapat membuat Anda lelah, sakit kepala, dan bahkan kebingungan. Akan sulit untuk menemukan sumber air tawar dan bersih juga. Bawalah air Anda sendiri dan pastikan Anda minum saat dibutuhkan. Anda tidak ingin menjadi beban bagi sesama pendaki jika Anda mulai pusing karena dehidrasi!

5. Bawa camilan tinggi karbohidrat dan protein
Ingatlah bahwa bahan bakar utama latihan fisik adalah karbohidrat. Anda akan membakar banyak karbohidrat dan lemak saat mendaki, dan Anda tidak akan kehilangan terlalu banyak karena Anda akan kehabisan energi sebelum semuanya selesai. Berfokuslah untuk menjaga tubuh Anda mendapatkan cukup karbohidrat untuk mengoptimalkan kinerja Anda. Kemas beberapa kacang-kacangan, permen, roti, dll.

6. Lakukan peregangan sebelum mendaki
Cobalah melakukan peregangan dinamis daripada peregangan statis. Peregangan dinamis mengharuskan Anda untuk bergerak melalui peregangan alih-alih menahannya selama 10 detik, itulah yang akan Anda lakukan dalam peregangan statis. Contoh peregangan dinamis adalah angkat lutut bergantian, fleksor jongkok ke pinggul, tendangan tinggi bergantian, putaran batang tubuh, dan peregangan quad bergantian.

7. Bawa kotak P3K
Obat-obatan dasar, bandaids, kapas, betadine, dan apa pun yang Anda pikir mungkin Anda butuhkan akan bernilai emas jika sesuatu yang buruk muncul. Ini adalah aturan emas. Jangan pernah lupa untuk membawa kotak P3K Anda!

Selama pendakian
8. Sapalah orang yang Anda lewati di sepanjang jalan setapak

Anda mungkin akan bertemu penduduk setempat dan sesama pendaki di jalur Anda. Jadikan pengalaman yang menyenangkan bagi semua orang dan sapa mereka dengan “Selamat Pagi”, “Selamat Siang”.

9. Bawalah sampahmu bersamamu
Jangan pernah membuangnya ke gunung dan komunitas terdekat! Bawalah wadah seperti plastik tempat Anda bisa menyimpan sampah. Hormati lingkungan dan ingatlah bahwa Anda hanyalah tamu di gunung yang Anda jelajahi.

Akan lebih baik untuk mengingat 7 Prinsip Tanpa Jejak: rencanakan sebelumnya, bepergian dan berkemah di permukaan yang tahan lama, buang sampah dengan benar, tinggalkan apa yang Anda temukan, minimalkan dampak api unggun, hormati satwa liar, dan perhatikan pengunjung lain.

10. Tahu bagaimana mengindahkan panggilan alam
Jangan lupa membawa payung dan sekop kecil adalah barang yang sangat membantu untuk dibawa.

11. Jangan pernah mengambil foto narsis dan melompat di sepanjang punggung bukit

12. Dengarkan musik alam
Suara angin yang merayu, suara dahan dan dedaunan yang saling bergesekan, kicau burung dan irama serangga adalah bagian dari pengalaman itu. Di satu sisi, itu membantu Anda meninggalkan semua masalah Anda untuk saat ini dan hanya menghargai apa yang alam tawarkan.

13. Tubuh Anda akan sakit, terutama kaki Anda
Setelah pendakian bersiaplah untuk ini. Jika Anda ingin menggunakan salonpas atau balsem yang menenangkan, itu tidak masalah.