IFBC Banner

Terinfeksi Covid-19 Varian Omicron? Begini Cara Meredakan Gejala Batuk Ala Dokter Inggrid Tania

Selasa, 01 Maret 2022 – 12:32 WIB

Ilustrasi Virus Covid-19 (Foto: Istimewa)

Ilustrasi Virus Covid-19 (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Virus Covid-19 varian Omicron disebutkan dapat menimbulkan gejala ringan seperti flu, demam, dan batuk terutama bagi mereka yang sehat dan telah divaksin dosis penuh.  Namun, batuk yang dirasakan pasien Omicron bisa dikatakan berbeda dengan batuk biasa, karena disertai rasa nyeri di dada.

IFBC Banner


Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembangan Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr Inggrid Tania memiliki tips untuk meredakan batuk ketika terinfeksi Omicron.

Ia menyebut pertama upayakan untuk tetap terhidrasi dengan meminum air putih hangat, lalu mandi menggunakan air hangat dan jauhi lingkungan mengandung iritan yang dapat memperparah batuk.

"Kalau batuk akibat Omicron, hindari lingkungan mengandung bahan iritan. Misalnya asap rokok atau kamar isolasi mandiri jangan sampai berdebu," kata dr Inggrid dalam konferensi pers virtual 'Efektifitas Terapi Simtomatik Batuk dari Bahan Herbal' pada Jumat 25 Februari 2022.

Labih lanjut, menurutnya bagi perokok yang mengalami Covid-19 menjauhi kegiatan merokok agar batuk segera mereda. Namun, jika gejala batuk tak kunjung membaik, segera lakukan pengecekan ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan lebih baik.