IFBC Banner

Jangan Tertipu! Nih Tips Mendeteksi Crazy Rich Abal-abal di Media Sosial ala Pakar Tom MC Ifle

Sabtu, 12 Maret 2022 – 07:31 WIB

Business Coach Tom MC Ifle

Business Coach Tom MC Ifle

JAKARTA, REQnews - Beberapa waktu belakangan publik dikejutkan dengan terbongkarnya kasus crazy rich Indra Kenz dan Doni Salmanan yang ternyata memperoleh kekayaan dari hasil menjadi afiliator binary option.

IFBC Banner


Gegara kasus yang menjerat kedua influencer itu, alhasil kini banyak netizen yang mulai meragukan dan mempertanyakan keaslian status crazy rich dari sejumlah influencer lainnya yang berseliweran di media sosial.

Terkait fenomena yang sedang menyeruak ini, baru-baru ini Deddy Corbuzier mengunggah perbincangannya dengan Business Coach, Tom MC Ifle di podcast bertajuk "Wahai Orang Kaya Palsu!" Crazy Iya Rich Kagak".

Dalam pembahasan ini, Deddy menyebutkan bahwa orang yang terlihat kaya di media sosial aslinya belum tentu sekaya itu. Salah satu ciri orang kaya palsu yakni, membeli brand agar terlihat kaya bukan karena kualitasnya.

"Orang kaya baru ini sebenarnya sudah tahu which brand yang akan mengangkat mereka, bukan hanya brand melainkan juga stage of cash, itu menjadi tanda 'bahwa gue itu kaya'," kata Tom MC Ifle seperti dikutip dari channel YouTube Deddy Corbuzier, Sabtu, 12 Maret 2022.

Tom MC Ifle juga menyebutkan bahwa kebiasaan orang yang memamerkan barang mewah hingga uang cash menjadi sebuah industri dalam kehidupan sosial masyarakat saat ini.

"Ini sudah menjadi industri dimana ada orang-orang yang menyediakan, yang akan membantu kamu untuk menyiapkan green screen, photoshop dan seolah-olah kamu melamun dengan latar yang mewah," lanjutnya.

Jika memperhatikan orang-orang kaya seperti Doni Salmanan maupun Indra Kenz maka akan sering muncul kendaraan mewah, sejumlah uang ratusan ribu hingga jutaan rupiah maupun bagi-bagi uang dengan jumlah yang fantastis.

Tom MC Ifle menyebutkan bahwa orang kaya palsu secara sengaja menyediakan uang cash dan kemudian mengunggahnya di media sosial.

"Mereka menyediakan uang cash hanya untuk berfoto, saya tidak tahu ini cash beneran atau tidak tapi mereka sudah menyediakannya. Dan ini nggak mahal," ujar Tom MC Ifle.

Pakar bisnis dan UMKM tersebut juga membahas tentang anak sekolah yang ingin terkesan mewah dan kaya raya agar mendapatkan barang-barang mewah gratis. Bahkan kini telah banyak jasa yang menyewakan barang-barang mewah mulai tas branded, mobil hingga iPhone.

Deddy pun menyinggung fenomena orang kaya palsu berfoto di jet pribadi. Menurut Tom MC Ifle, orang tersebut hanya berfoto di jet pribadi sebagai settingan yang ada di sebuah studio dengan green screen.

"Kalau orang kaya beneran malu, bro. Foto di jet pribadi itu malu nanti gue ketahuan ini (pajak dll)," jelas pakar bisnis tersebut.

Tom juga menjelaskan bahwa orang yang cenderung ingin mendapatkan gelar crazy rich adalah mereka yang ingin mendapatkan penghormatan dari orang lain.

Meski demikian, Deddy Corbuzier menjelaskan bahwa ciri-ciri di atas tidak semuanya menunjukkan orang kaya palsu. Ada juga beberapa orang kaya sungguhan yang memang terbiasa dengan barang-barang mewah, namun bukan untuk tujuan pamer.