IFBC Banner

Berencana Libur Lebaran ke Yogyakarta? Waspada! Nih 6 Tips Penting agar Tak Jadi Korban Klitih

Rabu, 13 April 2022 – 14:01 WIB

Ilustrasi Klitih di Yogyakarta

Ilustrasi Klitih di Yogyakarta

JAKARTA, REQnews - Aksi klitih yang terjadi di Yogyakarta kian meresahkan publik beberapa waktu belakangan. Bahkan baru-baru ini, seorang remaja bernama Dafa Adzin Albasith tewas diduga karena menjadi korban sabetan gir anggota klitih.

Usai kejadian itu, tagar #DIYDaruratKlitih pun viral di Twitter dan ramai diperbincangkan netizen. Klitih sendiri diketahui merupakan aksi kekerasan yang umumnya dilakukan oleh pelajar, dilandasi berbagai alasan. Bisa rekrutmen anggota geng baru atau demi menunjukkan eksistensi.

Kini klitih tak hanya meresahkan warga Yogyakarta, masyarakat luas pun khawatir jika hendak mudik atau berwisata ke Yogyakarta.

Nah, agar terhindar dari klitih, berikut beberapa tips penting yang bisa kamu lakukan saat mengunjungi Yogyakarta.

1. Jangan keluar saat dini hari

Sebaiknya, para wisatawan yang datang ke Yogyakarta tidak keluar saat larut malam atau dini hari. Sebisa mungkin tetap berada di dalam rumah atau penginapan masing-masing saat malam atau dini hari. Pasalnya, klitih biasanya melakukan aksi pada waktu-waktu tersebut.

2. Hindari naik sepeda motor

Para wisatawan di Yogyakarta juga sebaiknya menghindari naik sepeda motor. Lebih baik gunakan moda transportasi tetrutup seperti mobil atau bus. Karena mlihat tren kasus klitih, biasanya berupa kontak langsung dari motor ke motor.

3. Tetap waspada, jangan lengah

Tetaplah waspada dan jangan lengah terhadap kondisi sekitar. Apabila melihat hal janggal, segera melapor kepada pihak berwajib atau meminta bantuan.

4. Jangan pergi sendirian

Hindari berwisata sendirian! Sebaiknya pergilah dengan rombongan, apalagi jika berwisata saat malam hari. Ini bisa mengurangi risiko kamu menjadi sasaran aksi klitih.

5. Hindari jalanan sepi

Wisatawan juga sebaiknya menghindari jalanan sepi selama berada di Yogyakarta. Yogyakarta sendiri memiliki banyak jalan yang terbilang ramai, seperti Jalan Malioboro, Jalan Mangkubumi, Jalan Mataram, dan Jalan Brigjen Katamso. Jika wisatawan menginap di daerah yang agak jauh, sebaiknya melewati jalan-jalan tersebut karena ramai oleh kendaraan berlalu-lalang.

6. Hindari tempat sepi

Tak hanya jalanan sepi, wisatawan juga sebaiknya menjauhi tempat yang sepi atau minim orang. Pasalnya, tempat-tempat sepi tersebut berpotensi menjadi lokasi aksi klitih.