IFBC Banner

Yuk Lakukan 6 Hal Ini Agar Tetap Produktif Saat Berpuasa

Sabtu, 16 April 2022 – 23:37 WIB

Ilustrasi produktif. (Foto: Unsplash)

Ilustrasi produktif. (Foto: Unsplash)

JAKARTA, REQnews - Berpuasa sembari bekerja tentu bukanlah hal yang mudah. Sebab, saat berpuasa tubuh terasa menjadi lemas dan kehilangan energi.

IFBC Banner


Belum lagi saat kantuk menyerang hingga menyebabkan hilangnya fokus dan konsentrasi saat bekerja.

Karena hal-hal itu, kita terkadang merasa menjadi kurang maksimal dalam bekerja hingga merasa kurang produktif.

Lantas, hal apa saja yang bisa kita lakukan agar tetap produktif saat berpuasa? Yuk simak baik-baik!

  1. Sesuaikan waktu tidur
    Memaksimalkan waktu tidur adalah cara terbaik untuk tetap produktif saat berpuasa. Usahakan untuk tidur lebih awal dari biasanya. Sebab, setelah sahur mungkin lebih baik untuk tidak tidur kembali agar tidak lesu setelahnya.
  2. Membuat to-do-list kegiatan
    Buatlah to-do-list kegiatan harian agar waktu yang kita punya tidak terbuang sia-sia. Prioritaskan pekerjaan dengan tingkat kesulitan yang tinggi untuk dikerjakan di pagi hari.
  3. Lakukan olahraga ringan
    Luangkan waktu untuk melakukan olahraga ringan seperti peregangan untuk melemaskan otot dan sendi yang kaku, usai duduk atau bekerja dalam waktu yang lama. Jika rasa kantuk mulai datang, lakukan power walk untuk mengembalikan konsentrasi dan fokus otak.
  4. Sempatkan waktu untuk tidur siang singkat
    Kita dapat memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur siang singkat selama 20-30 menit. Hal ini dapat membantu untuk mengembalikan mood dan semangat untuk menyelesaikan pekerjaan.
  5. Hindari Lembur
    Saat berpuasa, kita harus mampu mengatur waktu bekerja. Usahakan untuk tidak bekerja lembur dan tuntaskan semua pekerjaan.
  6. Jangan lupa beribadah
    Bagian terpenting di bulan Ramadan ialah memaksimalkan ibadah. Jangan lupa untuk luangkan waktu senggang yang ada untuk beribadah. Ibadah dapat menenangkan pikiran dan suasana hati untuk mengembalikan semangat bekerja.