IFBC Banner

Mau Mudik Aman dan Bahagia? Ini 8 Tips dari Irjen Dedi Prasetyo

Minggu, 24 April 2022 – 05:01 WIB

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo

JAKARTA, REQnews - Semua orang pasti menginginkan perjalanan mudik yang aman, tenang dan tanpa hambatan pada momen lebaran tahun 2022 ini, hingga kembali lagi dalam keadaan senang.

Untuk itu, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membagikan 7 tips agar mudik 2022 ini berujung dengan kebahagiaan.

Pertama, Dedi mengingatkan sebelum mudik, rumah ditinggal dalam keadaan terkunci. Lalu kedua, infokan kepada tetangga atau kerabat yang tidak mudik, dalam hal ini harapannya dapat dibantu untuk saling menjaga.

Ketiga, jika tak bisa tetangga atau tak ada kerabat, maka dapat meminta bantuan dengan menginfokan kepada Bhabinkamtibmas untuk didata.

"Keempat, apabila menggunaan kendaraan pribadi harus dicek semua kendaraan yang akan digunakan demi keselamatan di jalan," kata Dedi di Jakarta, Sabtu 23 April 2022.

Kemudian kelima, jenderal polisi bintang dua ini mengingatkan jika menggunakan kendaraan umum, maka bawalah barang yang diperlukan saja. Selanjutnya, keenam, pastikan kekebalan atau imunitas terhadap Covid-19, dengan melengkapi vaksinasi sampai dosis ketiga.

Ketujuh, berkendaralah dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan istirahat pada rest area yang ada. Jika mengalami gangguan di jalan bisa menghubungi pos pam atau pelayanan kepolisian di jalur mudik.

"Terakhir (kedelapan), tetap disiplin prokes dalam berkegiatan. Mari wujudkan mudik aman, sehat dan bahagia," ujar Dedi.