IFBC Banner

Tips Mudik Aman Nyaman ala Erick Thohir, Harus Perhatikan 5 Hal Ini!

Selasa, 26 April 2022 – 20:31 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir

JAKARTA, REQnews - Lebaran tinggal menghitung hari! Banyak masyarakat Indonesia yang sudah mulai melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

IFBC Banner


Nah, Menteri BUMN Erick Thohir membagikan beberapa tips mudik aman dan nyaman bagi masyarakat Indonesia yang melakukan perjalanan ke kampung halaman di Lebaran tahun ini.

Diunggah melalui akun resmi Instagramnya, berikut sejumlah tips mudik aman dan nyaman ala Erick Thohir.

1. Ekstra Waspada Khususnya Pemudik Jalur Darat

Erick Thohir mengatakan bahwa banyak masyarakat yang melakukan perjalanan mudik melalui jalur darat baik menggunakan bus, mobil maupun motor. Oleh sebab itu, Erick Thohir mewanti-wanti agar masyakarakat lebih waspada.

"Prediksi ada 85 juta orang mudik. Hampir 30 persen, 26 juta orang itu lebih naik kendaraan. Jadi ini benar-benar antisipasi," ujar Erick Thohir, dikutip Selasa, 26 April 2022.

Selain itu, Erick Thohir mengingatkan warga untuk selalu mengecek jalur-jalur mana saja yang tidak macet serta mempersiapkan bensin yang cukup.

Langkah ini diambil untuk menghindari antrean panjang di pom bensin. Erick juga mengimbau, warga yang mudik agar selalu membawa air mineral yang cukup, makan, obat dan lain sebagainya agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

2. Mudik dengan Naik Kereta Api

Jika Anda ingin mudik lebih nyaman dan aman, Erick Thohir menyarankan untuk naik kereta api. Sebaiknya, beli tiket kereta api jauh-jauh hari untuk menghindari kehabisan tiket.

"Kereta api itu tempat duduknya masih ada 64 persen. Kereta api salah satunya menjadi opsi," kata Erick Thohir.

3. Mudik dengan Pesawat Terbang

Selain naik kereta api, Erick Thohir juga menyarankan untuk mudik naik pesawat terbang. Selain lebih nyaman, perjalanan dengan naik pesawat juga lebih cepat. Naik pesawat terbang bisa menjadi alternatif bagi Anda yang mudik ke pulau berbeda.

4. Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Selain lebih memperhatikan kewaspadaan selama melakukan perjalanan mudik, warga Indonesia diingatkan untuk tidak lupa mematuhi protokol kesehatan.

"Protokol kesehatan, memakai masker sangat penting," tegas Erick Thohir.

5. Para Pemudik Harus Sabar

Tak lupa, Erick menyarankan para pemudik untuk lebih sabar menghadapi kemacetan yang mungkin terjadi selama perjalanan.

"Yang mudik harus bener-bener sabar, karena prediksi kemacetan luar biasa," tandasnya.