IFBC Banner

Tips Agar Rumah Tetap Aman Selama Ditinggal Mudik Lebaran Ala Kombes Zulpan, Simak Ya!

Rabu, 27 April 2022 – 14:02 WIB

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan

JAKARTA, REQnews - Anda punya rencana untuk menikmati mudik lebaran 2022 di kampung halaman? Tentunya Anda harus menyiapkan bekal mudik dari jauh-jauh hari, termasuk memastikan kondisi rumah dalam keadaan aman saat ditinggalkan.

Puncak arus mudik Lebaran 2022 diperkirakan akan terjadi pada tanggal 28-30 April 2022 mendatang. Kali ini, Polda Metro Jaya pun memberikan beberapa tips untuk memastikan mudik aman dan nyaman.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan pemilik harus memastikan rumah dalam kondisi aman saat ditinggal mudik. Seperti jangan lupa mematikan kompor dan peralatan elektronik untuk menghindari kebakaran.

"Saya mengimbau kepada masyarakat yang mudik tentunya harus meyakini rumah yang ditinggalkan dalam keadaan aman baik itu kompor, gas, jangan ada yang menyala. Kemudian listrik dimatikan, untuk menghindari terjadinya kebakaran," kata Zulpan pada Rabu 27 April 2022.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk menitipkan kendaraan pribadinya ke ke Polsek terdekat tempat mereka tinggal. "Polsek sekarang sudah melayani itu, misalnya kalau tinggal di daerah mana, Tanjung Duren misalnya ke Tanjung Duren," lanjutnya.

Menurutnya, itu dilakukan untuk memastikan keamanan kendaraan saat ditinggal mudik. Sehingga jangan sampai terjadi apa-apa ketika ditinggalkan oleh pemilik.

"Nanti kan jangan sampai ditinggal rumah kosong nanti ada apa-apa. Kecuali kalau ada saudara yang nunggu rumah itu, kalau rumahnya tidak ada yang nunggu, kita melayani penitipan kendaraan bermotor demi keamanan," ujarnya.

Zulpan pun mengatakan bahwa pihaknya akan terus melaksanakan patroli untuk mencegah kriminalitas di Ibu Kota selama mudik Lebaran. Termasuk, rumah-rumah warga yang ditinggal mudik menjadi salah satu sasaran patroli oleh polisi.