IFBC Banner

Ingin Menjadi Public Relations Andal? Yuk Kuasai Beberapa Skill Ini

Senin, 23 Mei 2022 – 05:15 WIB

Public relations. (Foto: Unsplash)

Public relations. (Foto: Unsplash)

Jakarta, REQnews - Public Relations (PR) atau humas dinilai sebagai posisi yang banyak diminati lantaran posisinya yang strategis dan memiliki peran penting bagi perusahaan.

Di era keterbukaan ini, PR pun dituntut untuk memiliki sejumlah skill yang lebih dari sekadar keterampilan menulis maupun komunikasi.

Kira-kira apa saja sih skill yang harus dikuasai jika ingin menjadi seorang PR andal?

  1. Menulis
    Menulis merupakan kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang PR. PR biasa dituntut untuk membuat sebuah tulisan seperti, press release, guest article, web content, dan lain-lain.
  2. Media Sosial
    Di era kemajuan teknologi ini, seorang PR wajib menguasai media sosial. Media sosial digunakan oleh PR untuk mencari influencer, menanggapi berita buruk, memberikan sebuah informasi, hingga mengenali brand threat.
  3. Riset
    Skill yang satu ini cocok bagi PR di perusahaan agensi atau konsultan. Jika bekerja di konsultan PR, kamu akan menemui klien yang berbeda-beda. Hal ini membuat audiens dan fokus mereka berbeda-beda pula. Sehingga diperlukan riset untuk memahami audiens tiap klien.
  4. Berpikir Kreatif
    Keterampilan ini membuat kamu bisa untuk merancang dan menyampaikan pesan secara unik. Dengan begitu, pesan PR-mu akan didengar oleh banyak orang.
  5. Komunikasi
    Komunikasi sangat diperlukan oleh PR. Sebab, salah satu tugas PR adalah menyampaikan pesan kepada media dan publik.