IFBC Banner

Gak Perlu Vaksin! Ini Cara Cegah Cacar Monyet Menurut WHO

Selasa, 24 Mei 2022 – 18:05 WIB

Ilustrasi cacar monyet atau monkeypox

Ilustrasi cacar monyet atau monkeypox

JAKARTA, REQnews - Cacar monyet atau monkeypox telah menyebar di berbagai negara, bahkan dilaporkan sudah sampai di Singapura. Masyarakat Indonesia jelas khawatir akan masuknya penyakit ini.

Banyak yang bertanya-tanya, perlukah melakukan vaksinasi sebagai langkah pencegahan untuk menangkal virus monkeypox? 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sementara ini belum ada kebutuhan mendesak untuk dilakukannya vaksinasi cacar monyet yang kini mewabah di luar Afrika.

Salah satu pejabat WHO, Richard Pebody menyarankan untuk selalu menjaga kebersihan dan perilaku seksual yang aman agar virus tak menyebar.

Ia menjelaskan, bahwa pasokan vaksin dan antivirus terbatas. Sehingga langkah preventif atau pencegahan yang penting untuk mengendalikan wabah ini, adalah melakukan pelacakan dan isolasi.

Adapun cacar monyet bukan virus yang menyebar dengan sangat mudah, juga sejauh ini tidak menyebabkan penyakit serius.

"Vaksin yang digunakan untuk memerangi cacar monyet dapat memiliki beberapa efek samping yang signifikan," kata Pebody, seperti dikutip dari Antara, Selasa 24 Mei 2022.

Pernyataannya muncul ketika Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mengatakan sedang dalam proses merilis beberapa dosis vaksin Jynneos untuk digunakan dalam kasus cacar monyet.

Pemerintah Jerman sedang menilai pilihan untuk vaksinasi cacar monyet, sementara Inggris telah menawarkan vaksin kepada sejumlah petugas kesehatan.