IFBC Banner

Mau Beralih dari TV Analog ke Digital, Segera Hubungi Nomor Ini

Jumat, 17 Juni 2022 – 16:00 WIB

Program migrasi siaran tv analog ke digital atau analog switch off (ASO)

Program migrasi siaran tv analog ke digital atau analog switch off (ASO)

 

JAKARTA, REQnews - Transformasi siaran TV analog ke digital atau analog switch off (ASO) dijadwalkan akan rampung November 2022 ini. Netizen wajib tahu, jadwal lengkap Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) matikan semua TV analog. Tahapan ASO dilakukan dalam lima tahap berdasarkan wilayah, di mana batas waktu seluruhnya tidak melewati 2 November 2022, pukul 24.00 WIB. 

Seiring sedang dilakukannya penghentian siaran TV analog ke siaran TV digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyediakan nomor WhatsApp TV digital. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui dan mendapat layanan seputar suntik mati TV analog, bisa menghubungi nomor WhatsApp 08118202208.


Nomor WhatsApp yang berupa chatbot ini sudah tersedia sejak implementasi Analog Switch Off (ASO) pada 30 April lalu.

Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia mengungkapkan, layanan chatbot itu merupakan salah satu inovasi untuk menyosialisasikan program ASO yang selambat-lambatnya dilaksanakan pada tanggal 2 November 2022.

Disampaikan Gery, saat mengakses chatbot, pengguna akan menemukan delapan menu utama yang bisa dipilih, yaitu: informasi umum tentang ASO, jadwal tahapan ASO, wilayah terdampak ASO di masing-masing tahap, dan informasi tentang bantuan set top box (STB) dan STB bersertifikasi.

"Ada informasi juga tentang cara beralih ke siaran digital, informasi umum tentang multipleksing, mengunduh aplikasi sinyalTVdigital, dan informasi tentang kecanggihan siaran digital," katanya. 

Pihaknya berharap, kehadiran layanan chatbot ini akan semakin memudahkan masyarakat untuk mencari informasi seputar ASO dan mengimbau agar segera beralih ke siaran digital tanpa harus menunggu siaran analog di wilayahnya dimatikan.

Cara Pakai Chatbot WhatsApp Migrasi Siaran Digital
1.  Masukkan nomor WhatsApp Migrasi Siaran Digital ini 08118202208 ke daftar kontak di ponsel kalian.
2.  Bukan aplikasi WhatsApp.
3.  Kemudian chat yang isinya "Menu" terlebih dahulu yang nantinya akan dibalas dengan pilihan informasi yang ingin ditanyakan, seperti jadwal ASO, cek sinyal TV digital, maupun bantuan set top box gratis TV digital.

Ia juga menambahkan, selain melalui nomor WhatsApp TV digital, masyarakat juga bisa mendapatkan informasi kanal-kanal resmi dari Siaran Digital Indonesia, seperti situs, Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, dan Youtube.