IFBC Banner

KTP-el Rusak atau Terbakar? Ini Cara Mengurusnya, Gampang Banget!

Minggu, 19 Juni 2022 – 11:00 WIB

Ilustrasi KTP (Foto: Istimewa)

Ilustrasi KTP (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) adalah salah satu dokumen penting yang sangat dibutuhkan. Sebagai penunjuk identitas diri atau alat bukti yang sah tentu data seperti nama, alamat dan juga pekerjaan harus akurat.

KTP elektronik juga memiliki masa berlaku seumur hidup.


Namun, bagaimana jika KTP rusak atau terbakar? Jangan khawatir, ada cara mudah untuk mengurusnya, tetapi masih banyak yang belum mengetahuinya. 

Perli diketahui mengurus KTP-el yang rusak tidak memerlukan surat dari Kepolisian.

Berbeda dengan mengurus KTP-el yang hilang yang membutuhkan surat keterangan kehilangan dari Kepolisian.

Pemilik KTP hanya diminta untuk membawa barang bukti berupa KTP yang rusak tersebut ke Kantor Dukcapil setempat.

 

"Cara mengurus KK dan KTP-el (yang rusak) itu mudah, caranya bawa KK dan KTP-el rusak tersebut ke dinas Dukcapil untuk minta penggantian yang baru. Itu saja syaratnya," kata Direktur Jenderal Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arif Fakrulloh, melalui akun YouTube Zudan Arif Fakrulloh 15 Desember 2021.

"Tidak perlu membawa pengantar RT, RW, kelurahan, atau desa," ucap dia lagi.

Namun, jika kerusakan KTP-el disebabkan oleh kejadian kebakaran, artinya besar kemungkinan KTP akan hilang dan hangus terbakar, maka pemilik tidak ada kewajiban untuk membawa syarat apapun saat akan membuat KTP-el yang baru. Mereka cukup mendatangi Dukcapil terdekat, tidak harus Kantor Dukcapil domisili, untuk minta dibuatkan KTP-el yang baru.

"Bila teman-teman menjadi korban kebakaran dan KTP-nya hilang atau ikut terbakar, penggantiannya bisa dimintakan di dinas dukcapil di mana pun. Misalnya teman-teman KTP-nya Tegal, karena orang Tegal, terbakarnya di DKI, bisa dimintakan penggantian di DKI Jakarta," ujar Zudan dalam video TikTok di akun Zudan Arif Fakrulloh yang diunggah pada 27 Januari 2022.